Restorasi Ragam Hias Tradisi sebagai Model Pembelajaran Seni Budaya

Authors

  • Umy Fiqha Nur Azizah Program Studi Kriya Seni, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Indonesia
  • Citra Dewi Utami Program Studi Film dan Televisi, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI )Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3731

Keywords:

Restorasi, Ragam Hias Tradisi, Kolase

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu metode pembelajaran seni budaya dalam menyajikan ragam hias tradisi sebagai bahan ajar dalam membuat karya seni. Dengan merestorasi ragam hias tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ketertarikan dan minat siswa untuk berkreasi dan berekspresi dalam pembelajaran seni rupa . Ornamen atau ragam hias tradisi berfungsi sebagai hiasan, yang memiliki makna filosofi, namun banyak generasi muda yang tidak mengenal maupun memahami ragam hias tradisi tersebut. Biasanya ragam hias tradisi sering di terapkan dengan menggunakan teknik ukir, dengan begitu saat ini peneliti memiliki ide untuk menerapkan teknik kolase atau menempel dengan menggunakan bahan alam maupun limbah yang ada di sekitar untuk metode pembelajaran seni pada sisiwa SD kelas 4. Penelitian yang dihasilkan peneliti berupa hiasan dinding dengan ragam hias tradisi Madura dan Yogyakarta. Hasil penelitian dari proses pembelajaran ragam hias ini, bahwa dengan metode membuat karya seni kolase dapat menjadi salah satu opsi pembelajaran seni dalam mengenal ragam hias tradisi yang ada di Indonesia.

References

Anugrah, Ch. Dwi. 2018. Mengapresiasi Karya Seni. Klaten: Saka Mitra Kompetensi.

F.P., Anandita. 2011. Seni Kolase. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Gustami, SP. 1980. Nukilan Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta: STSRI “ASRI”

Isvandairy, Khastrifah. 2009. Karya Seni Bernilai Keindahan. Jakarta Selatan: Buana Cipta Pustaka.

M., Soegeng Toekio. 2021. Mengenal Ragam Hias Indonesia. Bandung: CV. Titian Ilmu.

R., Wiwik Setya. 2019. Ragam Hias Indonesia. Semarang: Penerbit Mutiara Aksara.

Solichah, Silvana dan Novidewi Ayusari. 2019. Keterampilan Kolase. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.

Sukmadinata, N. S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yohana Ema. 2013. Meningkatkan Kreatifitas Anak dengan Tenknik Mozaik Dengan Media Biji-bijian. Bengkulu: UNIB.

Mesra, Mesra, and Heri Soeprayogi. "PENERAPAN ORNAMEN BATAK TOBA DENGAN TEKNIK KOLASE PADA KERAJINAN POT BUNGA SEBAGAI ELEMEN INTERIOR." BAHAS 30.1.

Palintan, Andi Tien Asmara. "Penggunaan media kolase dalam meningkatkan kreativitas anak." Al-Athfal: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini 1.1 (2018).Prabowo, Rahayu Adi. "RAGAM HIAS TRADISIONAL JAWA Studi Rekonstruksi Visual Untuk Desain Kriya Kayu." Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa 11.1 (2019): 1-14.

Prabowo, Rahayu Adi. "RAGAM HIAS TRADISIONAL JAWA Studi Rekonstruksi Visual Untuk Desain Kriya Kayu." Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa 11.1 (2019): 1-14.

Sugiarto, Arif, and Mujiyono Mujiyono. "Pembelajaran Ragam Hias Menggunakan Teknik Papercut Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Semarang." Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni 9.3 (2020): 1-11.

TUNJUNGSARI, RIZKA. ORNAMEN KALA CANDI DI JAWA TENGAH SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM KARYA KOLASE DARI KULIT TELUR AYAM. Diss. Universitas Negeri Semarang, 2015.

Khasanah, Yuli Nur, and Ichsan Ichsan. "Meningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak." Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4.1 (2019): 69-84.

Yabu, M. "PENERAPAN RAGAM HIAS FLORA PADA KERAMIK DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA BIDANG SENI RUPA BAGI SISWA SMP NEGERI 2 BANGKALA BARAT KABUPATEN JENEPONTO." JURNAL IMAJINASI 4.1 (2020): 47-55.

Downloads

Published

11-05-2022

How to Cite

Nur Azizah, U. F. ., & Utami, C. D. . (2022). Restorasi Ragam Hias Tradisi sebagai Model Pembelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8693–8699. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3731

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check