Rancang Bangun Media Interaktif Augmented Reality Pengenalan Gerak Dasar Pencak Silat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3756Keywords:
Augmented Reality, Aplikasi Pencak Silat Dasar, Media InteraktifAbstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di ERI (Era Revolusi Industri) 4,0 sangat berpengaruh terhadap penyusunan strategi pembelajaran. Melalui kemajuan tersebut pengajar dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Melalui kemajuan tersebut pengajar dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Harapannya seorang pengajar mempunyai media interaktif yang cukup modern pada zaman yang dapat dikatakan serba canggih terutama dibidang teknologi. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi terkini yang dapat menjadi solusi bagi pendidik untuk menyajikan pembelajaran yang inovatif, informatif, menarik, dan dapat menyajikan obyek maya secara virtual 3D dalam bentuk nyata serta disajikan secara real time (waktu nyata). Rancang bangun media interaktif augmented reality pengenalan gerak dasar pencak silat ini bermanfaat untuk meningkatkan penguasaan serta penguatan konsep pembelajaran. Dengan adanya animasi dan vidio pengenalan gerak dasar pencak silat ini, pengguna akan merasakan betapa mudahnya mempraktekkan langsung di lapangan.
References
Alwi, Hasan. dkk. (2008). Sejarah Perkembangan Pencak Silat. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Ariesto H. Sutopo. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Aripin, I. 2018. Konsep dan Aplkasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Education, 3(1).01-09
Atmajaya, Dedy . 2017. "Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif". (Online) Diakses dari https://doi.org/10.33096/ ilkom.v9i2. 143.227-232 pada 30 November 2020.
Kriswanto, E. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Lubis, Johansyah. 2014. Pencak Silat. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyana. 2013. Pendidikan Pencak Silat. Bandung : Remaja Rosdakarya
Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Mustaqim Ilmawan, Kurniawan Nanang. 2017 Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1, No. 1, Mei 2017 e-ISSN 2548-8260
R. Kotot Slamet Hariyadi. (2003). “Teknik Dasar Pencak Silat Tanding”. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.
Sucipto. (2007). Pembelajaran Pencak Silat. Bandung : FPOK Bandung
Zainiyati, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Eli Noviani, Bayu Ramadhani Fajri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).