Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII di SMP N 01 Sungai Rumbai Dharmasraya

Main Article Content

Sinta Fidia Sari
Yanti Sri Wahyuni
Hefni Hefni

Abstract

Komunikasi interpersonal guru di SMP N 1 Sungai Rumbai belum dapat berjalan dengan baik, karena masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru sehingga hal ini juga akan menjadi pengaruh bagi minat belajar siswa di SMP N 01 Sungai Rambai.  Berdasrkan permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Hubungan  Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas VII DI SMP N 01 Sungai Rumbai Dharmasraya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah behavioristik yang dikemungkakan oleh Watson. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitaif dengan menggunakan metode korelasi. Metode pengumpulan data adalah melalui angket yang dibagikan kpada siswa, dnegan jumlah sampel sebanyak 27 orang siswa kelas VIII. Tekniks analisis data dalam penelitian ini yaitu dnegan menggunakan uji Rxy untuk mengetahui hubungan antara Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Minat Belajar Siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Minat Belajar Siswa. Hal ini terlihat melalui uji hipotesis yang menggunakan uji t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 2,41 dan ttabel = 1,70 berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu H1 karena 2,41 > 1,70. Hal ini. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Sosoilogi Siswa Kelas VII Di SMP N 01 Sungai Rumbai Dharmasraya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fidia Sari, S. ., Sri Wahyuni, Y., & Hefni, H. (2022). Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII di SMP N 01 Sungai Rumbai Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8769–8775. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3762
Section
Articles of Research

References

Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmadi, Dedy. 2015. “Hubungan Komunikasi Guru Terhadapprestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaransosiologi Di SMU Negeri 5 Samarinda”. eJournal Ilmu Komunikasi. No. 3. Vol: (3).

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hadi, S., & Farida, F. S. 2012. Pengaruh Minat, Kemandirian, dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Ungaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 7(1), 8-13.

Lisna. 2013. “Pengaruh Komunikasi Guru-Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pelajaran Ekonomi Siswa Sma Taman Mulia”. Jurnal. Pembelajaran. Vol. 2. No 3.

Muhammad, Arni. 2005. Komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhasanah. 2016. Minat Belajarsebagai Determinanhasil Belajar Siswa (Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol.1 No.1,Agustus2016,Hal. 128-135.

Ratnawati, A., & Marimin. 2014. Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Produktif AP di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Economic Education Analysis No 3(1).

Rakhmat, Jalaludin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahayu. Kariadinat, 2009. “Kemampuan Komunikasi Dan Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa”. Jurnal. Analisa No.5 Vol:(1).

Ritzer, George. 2012. Teori sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sahabuddin, Chuduriah. 2015. “Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene”. Jurnal. Pepatuzdu, Vol. 10, No. 1.

Sucia 2016 “Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal. Komuniti, Vol. VIII, No. 2.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walgito, Bimo. 2010. Psikologi Kelompok. Yogyakarta:Andi.

Wood, Julia T. 2013. Komunikasi interpersonal: interaksi keseharian. Jakarta: Salemba Humanika.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>