Dampak Pembangunan Gerbang Mapan pada Perilaku Sosial Masyarakat Desa Ketapang

Authors

  • Nurul Hayat Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Siti Nurul Napilah Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3766

Keywords:

Pembangunan, Gerbang Mapan, Masyarakat Desa, Perubahan Perilaku Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pengembangan Program Gerbang yang telah ditetapkan terhadap perubahan perilaku sosial Masyarakat Desa Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana penelitian ini akan mendeskripsikan perkembangan Program Gerbang yang telah ditetapkan dan perubahan perilaku sosial Masyarakat Desa Ketapang secara lebih rinci dan mendalam. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yang diperoleh dari wawancara dan observasi, serta data sekunder yang diperoleh dari jurnal, artikel, dan buku-buku yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan program Pintu Mapan memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan perilaku sosial seperti peningkatan sikap disiplin, keinginan untuk berwirausaha, dan pola pikir terbuka di masyarakat.

References

Antony, F. (2020). Dampak Pembangunan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Objek Wisata Kebun Efi di Tanah Karo . Sumatera Utara: SKRIPSI .

BPS. (2016). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Tangerang: Badan Pusat Statistik Kabupaten Tangerang.

Dewi, M. (2006). Tingkat Kedisiplinan Masyarakat Dalam Menjaga Budaya Hidup Bersih Terhadap Lingkungannya. Semarang: SKRIPSI.

Eko, M. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif (Teori,Aplikasi, Disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN "Veteran" Yogyakarta Press.

Ibnu, M. (2015). Dampak Reklamasi Pantai Utara Jakarta Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat (Tinjauan Sosiologis Masyarakat di Sekitar Pelabuhan Muara Angker Jakarta). Jakarta: SKIPSI Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah .

Naeni, A. (2015). Buku Demokratisasi Desa. Kementrian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Penduduk Indonesia.

Nasrullah, J. (2016). Buku Sosiologi Pembangunan. Cv Pustaka Setia.

Nuraiman. (2019). Faktor Yang Memicu Perubahan Solidaritas Dalam Masyarakat Nagari Solok Ambah Kabupaten Sijunjung. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, ISSN 2620-8458.

Perda. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023. Tangerang: Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang.

Samsul. (2015). Dampak Pembangunan Pesisir Pantai Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan di Kecamatan Abeli Kota Kendari. Al-Izzah, 114-129.

Siti, M. (2018). Evaluasi Program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai di Kabupaten Tangerang . Serang: SKRIPSI.

Siti, S. S. (2019). Buku Sosiologi Masyarakat Pesisir. Pekanbaru: Taman Karya .

Stozmpka. (2004). Perubahan Sosial. Prenada Media.

Sulanjari, Bambang.2015. Herbert Spencer dan Evolusi Budaya. http://ikadbudi.uny.ac.id/informasi/herbert-spencer-dan-evolusi-budaya. Diakses pada 30 April 2022.

Tim TangerangOnline. 2019. Nelayan Ketapang Mauk Gelar Pesta Laut. Dalam https://tangerangonline.id/2019/08/26/nelayan-ketapang-mauk-gelar-pesta-laut/ Diakses pada 17 April 2022.

Zarawanda, A. (2018). Religiusitas Masyarakat Pesisir Perspektif Antropologi, Analisis Tradisi Petik Laut di Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep Madura. Malang: SKRIPSI.

Downloads

Published

15-05-2022

How to Cite

Hayat, N. ., & Napilah, S. N. . (2022). Dampak Pembangunan Gerbang Mapan pada Perilaku Sosial Masyarakat Desa Ketapang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8800–8810. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3766

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check