Tinjauan Yuridis Tentang Perjanjian Kerja Bersama Ditinjau dari Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Main Article Content

Micael Josviranto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah tinjauan yuridis terhadap perjanjian kerja bersama (PKB) menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan bagaimanakah hak dan kewajiban pekerja/buruh dan pengusaha dalam pembuatan perjanjian kerja bersama (PKB) dalam perusahaan. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian hukum kepustakaan yakni dengan cara meneliti bahan pustaka atau yang dinamakan penelitian hukum normatif. Penelitian hukum normatif tidak selalu berkonotasi sebagai penelitian norma yuridis. Perjanjian kerja  bersama  merupakan hasil antara pihak pengusaha dan pihak pekerja yang diwakili oleh serikat pekerja. Perjanjian  kerja bersama  di dalam  Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003  tercantum dalam  pasal 116 sampai pasal 135, yang mengatur tentang persyaratan yang  harus  dipenuhi untuk pembuatan suatu perjanjian kerja bersama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Josviranto, M. . (2022). Tinjauan Yuridis Tentang Perjanjian Kerja Bersama Ditinjau dari Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8862–8866. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3783
Section
Articles of Research

References

Abdul Khakim, Dasar-Dasar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia,PT Citra Aditya Bakti, Bandung, 2009.

Abdul Rachmad Budiono, Hukum Perburuhan Indonesia, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 1997.

Jimmy Joses Sembiring, Legal Officer Panduan Mengelola Perizinan, Dokumen, Haki, Ketenagakerjaan dan Masalah Hukum di Perusahaan, Visimedia, Jakarta, 2009.

Salim HS, Pengantar Hukum Perdata Tertulis(BW),Sinar Grafika, Jakarta, 2009.

Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji, Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2004.

Subekti R. dan R Tjitrosudibio,KitabUndang-Undang Hukum Perdata,Pradnya Paramita, Jakarta,1996, hal 409.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan