Dampak Covid-19 Terhadap Jumlah Penurunan Angka Penikahan di KUA Medan Amplas

Main Article Content

Ainun Ainun
Muhammad Firmansyah Nasution
Richa Ardelia Hutabarat

Abstract

Perkawinan adalah akad nikah antara seorang pria dan seorang wanita sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama. Beberapa komentar menyarankan serta adakannya resepsi setelah akad nikah dilangsungkan sehingga menjadi pengumuman bahwa kedua mempelai. itu sah menurut agama dan..negara. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai menurunnya jumlah  pernikahan pada masa pandemi COVID-19 di Indonesia, baik yang dilakukan di KUA maupun di rumah sendiri, semoga bermanfaat untuk memperkuat pengetahuan Pengetahuan tentang tata cara pernikahan yang benar saat pandemi sebagaimana ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Penelitian ini mengambil kasus di daerah Medan Amplas tepatnya di KUA Kecamatan Medan Amplas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan angka pernikahan di masa pandemi COVID-19, termasuk mengumpulkan alasan-alasan yang diberikan oleh sebagian masyarakat yang memilih menikah di masa pandemi COVID-19 dan respon pejabat KUA Medan Amplas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ainun, A., Nasution, M. F. ., & Hutabarat, R. A. . (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Jumlah Penurunan Angka Penikahan di KUA Medan Amplas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8909–8912. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3791
Section
Articles of Research

References

Rofiq, Ahmad Hukum Perdata Islam di Indonesia, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013)

Wawancara dengan Muh. Tasor di Kudus, 2021 “Pernikahan yang Terjadi Selama Pandemi”

Azizah,Alfinna Ikke Nur "Pengadaan Walimatul 'Ursy di Masa Pandemi dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Negara", Maqashid, Vol. 3, No. 2, (2020)

Wawancara dengan Nor Hidayah di Kabupaten Kudus, 2021 “Alasan Melaksanakan Resespsi Pernikahan Saat Pademi

Mufidah, Fina "Penangguhan Pelaksanaan Perkawinan Pada Masa Pandemi Covid-19 Perspekti Maqashid Syari'ah (Studi di KUA Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang), Skripsi S1, Salatiga: IAIN Salatiga, 2020,

Rofiq, Ahmad Hukum Perdata Islam di Indonesia, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013)

Azizah,Alfinna Ikke Nur "Pengadaan Walimatul 'Ursy di Masa Pandemi dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Negara", Maqashid, Vol. 3, No. 2, (2020)

Wawancara dengan ustadz M. Tolib Harahap S. Ag, M.A di Medan Amplas, tanggal 12 November 2021.