Analisis Inovasi Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Main Article Content

Acep Iyan
Acil Ridwan
Muhamad Farhan Nurdiansyah

Abstract

Penelitian ini merujuk pada pengimplementasian pendidikan mitigasi bencana melalui pembelajaran tematik di SD Negeri Citapen 1, Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Pendidikan mitigasi bencana ini sangat penting diberikan kepada peserta didik agar peserta didik siaga dalam menghadapi bila sewaktu-waktu terjadi bencana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pendidikan mitigasi bencana sudah di implementasikam di SD Negeri Citapen 1 dengan baik. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggambarkan atau menganalisa suatu objek yang terjadi di SD Negeri Citapen 1 menggunakan beberapa metode di antaranya metode wawancara untuk mengetahui hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengimplementasian pendidikan mitigasi bencana di SD Negeri Citapen 1 ini dilakukan melalui beberapa program di dalam sekolah dengan menggunakan beberapa pendekatan, startegi, metode, teknik dan cara dengan tahapan kepala sekolah melakukan pelatihan kepada guru kelas dan guru kelas mengevakuasi peserta didik.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Iyan, A. ., Ridwan, A. ., & Nurdiansyah, M. F. . (2022). Analisis Inovasi Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8969–8973. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3809
Section
Articles of Research

References

A., S., Kosim, & Gunada, I. W. (2021). PENERAPAN TEKNIK MODERASI TERHADAP IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA DI SEKOLAH DASAR. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 415–422.

Absor, M. U. (2011). PENANGANAN ANAK DALAM MASA TANGGAP DARURAT BENCANA ALAM?: TINJAUAN KONVENSI HAK ANAK DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK. Jurnal Dakwah, XI(1), 17–32.

Christiawan, P. I. (2014). Inovasi Pendidikan Bencana Berbasis Pendekatan Spasial di Indonesia. Media Komunikasi Geografi, 15(1), 1–18.

Pahleviannur, M. R. (2019). EDUKASI SADAR BENCANA MELALUI SOSIALISASI KEBENCANAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP MITIGASI BENCANA. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 29(1), 49–55.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Research Repository UIN Maliki Malang, 1(1), 1–4.

Rusilowati, A., Supriyadi, Binadja, A., & Mulyani, S. E. . (2012). MITIGASI BENCANA ALAM BERBASIS PEMBELAJARAN BERVISI SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 51–60.

Sabir, A., & Phil, M. (2016). GAMBARAN UMUM PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BENCANA. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(3), 304–326.

Said, N. (2017). MENEJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM SENSITIF BENCANA (Tuntutan Inovasi dan Kontekstualisasi). QUALITY, 1(3), 97–114.

Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SEKOLAH DASAR (SEBUAH KAJIAN ANALISIS ETNOPEDAGOGI). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 18–24.

Subagia, I. W., Wiratma, I. G. L., & Sudita, I. K. (2015). PELATIHAN MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENGASTULAN KECAMATAN SERIRIT KABUPATEN BULELENG BALI. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 585–598.

Yulianto, S., Apriyadi, R. K., Aprilyanto, Winugroho, T., Ponangsera, I. S., & Wilopo. (2021). Histori Bencana dan Penanggulangannya di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Keamanan Nasional. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 180–187.