Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MA Asshiddiqiyah 3 Kabupaten Karawang

Main Article Content

Wafa Alia Muhtar
N. Faturrahman

Abstract

Kompetensi Manajerial merupakan keterampilan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan program,pelaksanaan dan evaluasi untuk kinerja guru pada MA Asshiddiqiyah 3 Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, komite, ketua KKG dan pengawas. Data dianalisis dengan dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan: 1) Program-program untuk meningkatkan kinerja guru adalah menyusun perangkat perencanaan pembelajaran, merancang dan memanfaatkan media pembelajaran, pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan kebutuhan, meningkatkan pelayanan dalam mendukung kegiatan pembelajaran, merencanakan dan melakukan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran. 2) Pelaksanaan program diawali dengan pembagian tugas sesuai kemampuan dan keahlian dengan menerapkan pendekatan lesson study antara sesama guru. Pelaksanaan program belum sepenuhnya berdasarkan jadwal yang tercantum pada dokumentasi perencanaan sekolah. Hal ini dapat dilihat pada frekuensi pelaksanaan supervis, banyaknya pertemuan atau kegiatan rapat, jadwal kegiatan rapat, belum maksimal dalam pengembangan kurikulum 2013, pemanfaatan teknologi dan informasi bagi guru untuk memaksimalkan pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. 3) Evaluasi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru belum sesuai dengan jadwal dan dilaksanakan secara alamiah serta belum adanya instrument pelaksanaan evaluasi yang jelas dan terukur. Kegiatan evaluasi biasanya dilakukan setahun sekali pada akhir tahun pelajaran. Hasil evaluasi belum dilakukan dalam bentuk dokumentasi pelaporan pelaksanaan kegiaatan manajerial kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhtar, W. A. ., & Faturrahman, N. . (2022). Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MA Asshiddiqiyah 3 Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9051–9055. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3831
Section
Articles of Research

References

Kemenerian Agama Repulik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Semerang; Toha Putera, 2011), h. 267

Sumadi, Penyakit Guru Masa Kini (Yogyakarta: Candra, 2012), h. 6.

Abi Sujak. Kepemimpinan, Manajer Eksistensinya dalam Prilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Bafadal, Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dariSentralisasi Menuju Desentralisasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

DanimS, Inovasi Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia, 2002

Daryanto, Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran,Yogyakarta: GavaMedia, 2011

E. Mulayasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional : dalam KonteksMenyukseskan MBS dan KBK,Cet-5, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2005

Gary A. Yukl dalam Kathryn M. Bartol & David C. Martin, Management,

A.A. Anwar Prabu, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta.

Affandi, 2008, Penilaian Pendidikan Berbasis Kompetensi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Rina Dwi Etikawati, Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SDN Sinduadi 3 Purwosari Mlati Sleman, Tesis (Yogyakarta; PPS UIN Sunan Kalijaga, 2009)

Jejen Mustafah, Manajemen Pendidikan- Teori, Kebijakan dan Praktik (Cet. 1; Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2015), h. 302.