Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Tunggakan Pembayaran Rekening Air Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Cabang Medan Kota

Main Article Content

Muhammad Adriansyah
Nurwani Nurwani

Abstract

PDAM Tirtanadi merupakan perusahaan yang bergerak pada pelayanan dan penyediaan air bersih bagi masyarakat, khususnya dikota Medan dan sekitarnya. Operasional PDAM Tirtanadi sendiri dibiayai melalui pendapatan yang diterima pihak PDAM Tirtanadi dari pelanggan yang menggunakan jasa PDAM Tirtanadi. Namun pendapatan yang diterima PDAM Tirtanadi tidak maksimal dikarenakan tingginya tingkat tunggakan pelanggan di PDAM Tirtanadi khususnya di PDAM Tirtanadi Cabang Medan Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya tunggakan pembayaran air pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Cabang Medan Kota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga dilakukan dengan interview/wawancara, observasi, dan analisis dokumen saat melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tunggakan antara lain; 1) Meter air pelanggan tertimbun; 2) Pintu pagar rumah pelanggan terkunci; 3) Air pelanggan kecil atau mati total; 4) Surat pemberitahuan tunggakan tidak disampaikan petugas; 5) Kebiasaan pelanggan untuk menunda pembayaran; 6) Kurangnya petugas untuk melakukan pemutusan; 7) Pendapatan perkapita pelanggan menurun akibat pandemic covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adriansyah, M. ., & Nurwani, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Tunggakan Pembayaran Rekening Air Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Cabang Medan Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9067–9076. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3837
Section
Articles of Research

References

Azhar, L. (2013). Analisis Penyebab Tunggakan Rekening Air Pada PDAM Tirtanadi Medan ” Studi Kasus pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan Kota ”. 1–68.

Hasibuan, R. M. (2018). Analsis Tunggakan Rekening Air Pada PDAM Tirtanadi Cabang HM Yamin Medan. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Henni, M. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penunggakan Pembayaran Rekening Listrik PT. PLN (Persero).

Humairah, A. P. (2020). Sistem Penagihan Rekening Air Pelanggan Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor ( PERUMDA – TPKB ). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25980.77440

Johns, T. (2003). Pelayanan Pelanggan Yang Sempurna. Kunci Ilmu.

Kereta, L. B. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Flores Timur. Jurnal Administrasi Publik Dan Birokrasi, 1(3).

Muridah. (2018). Analisis Pengendalian Intern Dalam Mengurangi Tunggakan Pembayaran Tagihan Rekening Air Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab Gowa.

Narasumber. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Tunggakan Pembayaran Rekening Air.

Nasution, M. R. (2021). Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan PDAM Tirtanadi Cabang Tapanuli Selatan.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2).

Utara, U.-U. N. 3 T. 2018 T. P. D. A. M. T. P. S. (2018). Peraturan Daerah Sumatera Utara Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Provinsi Sumatera utara (Issue 3).