Peningkatan Kualitas Peserta Didik melalui Bimbingan Konseling di SD/MI

Main Article Content

Ahmad Tarmidzi Hasibuan
Juredah Juredah
Wafiq Azizah Panggabean
Novita Novita
Sri Ayu Monikha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif terhadap siswa melalui pemberian bimbingan konseling kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengeksplorasi diri berdasarkan kebutuhan potensi, minat dan bakat salah satu tujuan dalam layanan bimbingan dan konseling adalah untuk mengembangkan bakat, motivasi dan prestasi belajar siswa. Metode Penelitian yang digunakan metode kualitatif deskriptif berupa wawancara kuesioner melalui media. Dengan adanya bimbingan konseling, tentu akan sangat membantu meningkatkan kualitas kepribadian peserta didik yang baik. Bimbingan konseling juga memiliki beraneka ragam metode atau cara dalam meningkatkan kualitas kepribadian peserta didik seperti metode bimbingan kelompok, program home room, karya wisata, dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasibuan, A. T. ., Juredah, J., Panggabean, W. A. ., Novita, N., & Monikha, S. A. . (2022). Peningkatan Kualitas Peserta Didik melalui Bimbingan Konseling di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9085–9091. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3840
Section
Articles of Research

References

Ghofur, A., & Asim. (2018). Menuju Sekolah Yang Berwawasan Lingkungan. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). METODOLOGI PENELITIAN. Makassar: GUNADARMA ILMU.

Kamaluddin. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Maulidya, A. N., Muslimah, & Rahmayanti, T. (2021). Layanan Pendidikan Bimbingan Konseling Dalam Upaya Meningkatkan Sumber Daya Sekolah Dasar. Bogor.

Siregar, A. Z., & Harahap, N. (2019). Strategi Dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi. Deepublish Publisher.

Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. PRENADAMEDIA GROUP.

Vivi,N. A. 2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar: Guru Kelas Berperan Penting Dalam Implementasi Layanan. Blaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan , 12-19.

Yudianatrayati. (2017). Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Siswa Pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam , 33-36.

Most read articles by the same author(s)