Eksistensi Manusia Silver pada Masa Pandemi di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang

Main Article Content

Stevany Afrizal
Ria Risdiana

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak permasalahan di Indonesia, yang paling berdampak ialah sektor perekonomian yang mengalami penurunan. Banyak perusahaan yang terpaksa untuk mengurangi jumlah karyawan bahkan sampai gulung tikar. Hal ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka pengangguran, serupa dengan kasus yang terjadi di Kota Tangerang khususnya Kecamatan Ciledug. Mengatasi hal tersebut masyarakat melakukan banyak pekerjaan alternatif salah satunya menjadi manusia silver sehingga keberadaan mereka menjadi meningkat di daerah perkotaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Faktor utama maraknya keberadaan manusia silver di Kecamatan Ciledug dikarenakan faktor ekonomi dan rendahnya daya saing masyarakat dalam dunia pekerjaan (2) Bekerja sebagai manusia silver awalnya cukup menguntungkan namun menjadi menurun ketika pandemi dikarenakan semakin banyaknya jumlah manusia silver membuat titik-titik utama penempatan mereka penuh sehingga hasil yang didapatkan tidak semaksimal awal (3) Dampak lanjutannya membuat manusia silver tidak hanya berada di jalan-jalan dan juga lampu merah melainkan mulai memasuki pemukiman penduduk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afrizal, S. ., & Risdiana, R. (2022). Eksistensi Manusia Silver pada Masa Pandemi di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9207–9215. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3866
Section
Articles of Research

References

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang. 2022. https://tangerangkota.bps.go.id/.

Darmawan, Tossa Rahmania. 2013. Presentasi Diri Pengamen Silver Man di Kota Bandung. Bandung: UNIKOM.

Eko, M. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif (Teori,Aplikasi, Disertai Contoh Proposal) Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN "Veteran" Yogyakarta Press.

Fauzi, Achmad Irfan. 2022. Angka Kemiskinan di Kota Tangerang Naik Jadi 5,93% Dipicu karena Pandemi. TangerangNews.com.

Firdayanti, Shafira. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Melalui Program Desaku Menanti (Studi di Kampung Topeng Malang Dusun Baran Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang). Universitas Brawijaya.

Fauzi, Agung., &Tarayunita, Wella Dwi. (2021). Meningkatnya Pengamen Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Perumahan Cisait Puri Pratama. EduSociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, Vol 4(1): 1-9.

Jamaludin, Adon Nasrullah. 2017. Sosiologi Perkotaan: Memahami Masyarakat Kota dan Problemanya. Bandung: Pustaka Setia.

Nugroho, Ari Cahyo. (2021). Teori Utama Sosiologi Komunikasi (Fungsionalisme Struktural, Teori Konflik, Interaksi Simbolik). Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa. Vol. 2(2): 185 – 19.

Noviyanti, Sri Wahyuni. 2021. Strategi Manusia Perak dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga (Studi pada Manusia Perak di Pasar Kemiri Muka, Kota Depok), Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.