Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Musik Modern Jurusan Musik Gereja STAKPN Sentani

Main Article Content

Gusti Nyoman Pardomuan
Ambar Sulistyowati

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran augmented reality, (2) menguji validitas ahli hasil pengembangan. Jenis penelitian pengembangan ini, menggunakan model ADDIE. Data deskripsi desain produk pengembangan dikumpulkan dengan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, kuantitatif. Subjek uji coba seorang ahli musik modern dan seorang ahli media pembelajaran, 30 mahasiswa/i untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukan (1) desain pengembangan media pembelajaran augmented reality ini meliputi: (a) pencatatan dokumen, (b) mengembangkan Flowchart, (c) mengembangkan Storyboard. (2) tahap validitas dilakukan uji ahli isi  materi atau konten berada pada kualifikasi sangat baik (persentase= 94%), uji ahli media berada pada kualifikasi sangat baik (persentase= 90%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (persentase= 90,7%), berdasarkan hasil pengujian diatas, dapat disimpulkan bahwa keberadaan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality sebagai bagian dari salah satu proses pembelajaran dapat memudahkan bagi para Dosen dan Mahasiswa yang terlibat juga, karena penggunaannya yang mudah dan dapat digunakan kapanpun dimana anda memiliki perangkat ponsel atau Smartphone jaringan yang terhubung ke internet (online) atau tidak terhubung internet (offline). Media Pembelajaran ini juga mampu memperkaya pengalaman belajar Mahasiswa dan menjadi suplemen tambahan Mahasiswa untuk mendukung proses belajar mandiri baik di dalam lingkungan kampus maupun diluar lingkungan kampus STAKPN Sentani.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pardomuan, G. N. ., & Sulistyowati, A. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Musik Modern Jurusan Musik Gereja STAKPN Sentani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9464–9475. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3911
Section
Articles of Research

References

Agung, A. A. G. (2010). Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York : Springer Science & Business Media, LLC.

Santyasa, I W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, pada Tanggal 12-14 Januari 2009 di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung, 8-20.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Jakarta: Cerdas Pustaka.

Seels, B. B dan Richey, R. C.1994. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Unit

Selvia, L. G., Yogie, R. G., & Widantyo, A. (April 2017). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Stimulasi Bayi Menggunakan Metode Marker Berbasis Android. Jurnal Jamika Vol.1 No.13, 1-13.

Selvia, L.G., Endra Sudrayana. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Gedung Baru UNIKOM Berbasis Android. Majalah UNIKOM. Hal.283- 295.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2008). Pengembangan model elearning adaptif terhadap keragaman gaya belajar. International Journal of Computer Science and Information Technologies. Tersedia pada http://blog.uny.ac.id/ hermansurjono/. Diakses 5 Mei 2021.

Marzoan. (2016). Gaya Belajar Felder-Silverman dan Hasil Belajar Sains di Sekolah Dasar ( SD ). Seminar Asean 2th Psychology and Hmanity, Forum Psikologi UMM. https://doi.org/10.1007/s00455-007-9091-6