Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi Canva di Kelas X TAV SMK Cendana Padang Panjang

Authors

  • Meri Maharani Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hanesman Hanesman Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3917

Keywords:

Media, Kerja Bengkel dan Gambar Teknik, Canva, Model Pengembangan 4D, Research and Development (R&D)

Abstract

Media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi canva dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kerja bengkel dan gambar teknik menggunakan aplikasi canva yang valid dan praktis. Output dari pembuatan media ini berupa link yang dapat dibagikan kepada peserta didik melalui smartphone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4D (define, design, developement, disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media dan materi didapatkan nilai rata-rata 88% dengan kategori sangat valid oleh ahli media dan didapatkan rata-rata 92% dari ahli materi dengan kategori sangat valid. Hasil uji pengguna yang dilakukan oleh peserta didik memperoleh hasil 90,92% dengan kategori sangat praktis, disimpulkan media ini sangat layak digunakan.

References

Ade,Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad,Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Asyhar,Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi Jakarta.

Burhanudin,Ahmad. 2017. Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran dasar elektronika di smk hamong putera 2 pakem. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Imanda,R., Khaldun,I., & Azhar,A. (2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI pada Materi Konsep dan Reaksi-reaksi dalam Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(2).

Jubilee,Enterprise. 2021. Desain Grafis denga Canva untuk pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Munadi,Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Purwanto. 2010. Evakuasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmah, Arina Rezka, dkk. 2021. Pengembangan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Virtual Learning Dalam Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini. Madiun:CV Bayfa Cendekia Indonesia.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta : Rajawali Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianta,Feri. 2020. Menciptakan Produk Pendidikan Menggunakan Metode R&D. Feri Sulianta.

Downloads

Published

27-05-2022

How to Cite

Maharani, M., & Hanesman, H. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi Canva di Kelas X TAV SMK Cendana Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12720–12729. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3917

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check