Rancang Bangun Aplikasi Virtual Laboratory Pengelasan Tungsten Inert Gas dan Metal Inert Gas (TIG DAN MIG)

Main Article Content

Annisa Wahyuni
Resmi Darni

Abstract

Pergeseran paradigma pendidikan membuat dunia pendidikan terus melakukan pengembangan dan pembaharuan dalam memberikan pembelajaran. Salah satu pengembangan tersebut adalah teknologi virtual laboratory yang merupakan sebuah teknologi yang memiliki peranan penting dalam perkembangan dunia pendidikan. Virtual laboratory sendiri adalah teknologi laboratorium virtual yang telah disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment) sehingga dapat membuat pengguna berinteraksi dengan lingkungan laboratorium beserta peralatan yang berada di dalamnya. Aplikasi virtual laboratory pengelasan tungsten inert gas dan metal inert gas (TIG dan MIG) ini dirancang untuk mahasiswa jurusan mesin dengan matakuliah pratikum las TIG dan MIG. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif disaat luring maupun daring karena dengan adanya aplikasi ini mahasiswa bisa melakukan pratikum berulang-ulang tanpa harus mengeluarkan biaya serta keselamatan kerja yang terjamin karena pengguna tidak bersentuhan langsung dengan peralatan pratikum.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, A., & Darni, R. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Virtual Laboratory Pengelasan Tungsten Inert Gas dan Metal Inert Gas (TIG DAN MIG). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12689–12698. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3922
Section
Articles of Research

References

Abdullah, A. (2020). Relationship the Work Culture and Training Programs Within

Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1).

Amalia, D. (2019). Promoting Just Culture For Enhancing Safety Culture In Aerodrome Airside Operation. International Journal of Scientific & Technology Research 8 (10)

Anwar, B. (2018). Analisis Kekuatan Tarik Hasil Pengelasan Tungsten Inert Gas (TIG) Kampuh V Ganda pada Baja Karbon Rendah ST37. Teknik Mesin" TEKNOLOGI", 18(1 Apr).

Apriani, N., Fatonah, F., & Oka, I. A. M. (2020). Rancangan Sistem Pengolahan Sertifikat Berbasis Website Sebagai Upaya Untuk Peningkatan Evaluasi Kompetensi Safety Personil Di Lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero). Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 17-28.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224-229.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran.Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar pelajar. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Felani, F. N., Kosjoko, K., & Finali, A. (2017). Uji Perbandingan Kekuatan Tarik Pengelasan Stainless Steel Aisi 304 Menggunakan Las Tig (Tungsten Inert Gas) Dan Las Mig (Metal Inert Gas) Dengan Variasi Media Pendingin. J-Proteksion, 1(2), 13-16.

Hilmy, Z., Syahroni, N., & Hadiwidodo, Y. S. (2018). Analisa pengaruh variasi komposisi gas pelindung terhadap hasil pengelasan gmaw-short circuit dengan penggunaan mesin khusus regulated metal deposition (RMD). IPTEK Journal of Proceedings Series, (2).

Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144.

Jufri, M., & Asfat, A. (2017, November). Efek Kecepatan Pengelasan Terhadap Sifat Mekanik Hasil Pengelasan Fcaw Pada Plat Baja A36. In Prosiding Sentra (Seminar Teknologi dan Rekayasa) (No. 3).

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, 1, 100012.

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69

Nida, H., Mursyidah, M., & Anwar, A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Virtual Reality Wahana Kebun Binatang. Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer, 3(2).

Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi mobile Augmented Reality berbasis Vuforia dan Unity pada pengenalan objek 3D dengan studi kasus gedung m Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86-91.

Putra, G. A., Kridalukmana, R., & Martono, K. T. (2017). Pembuatan simulasi 3D virtual reality berbasis Android sebagai alat bantu terapi acrophobia. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 5(1), 29-36.

Raranta, R. F., & Sugiarso, B. A. (2017). Pengenalan Teks pada Objek-Objek Wisata di Sulawesi Utara dengan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).

Republik Indonesia. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003. Sekretariat Negara. Jakarta

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30-38.

Tejawati, A., Saputra, M. B., Firdaus, M. B., Fadli, S., Suandi, F., & Anam, M. K. (2019). Media Promosi Penangkaran Rusa Sambar (Rusa Unicolor) Sebagai Ekowisata Di Penajam Paser Utara Berbasis Virtual Reality. J. Inform. dan Rekayasa Elektron, 2(2), 52.