Rancang Bangun Augmented Reality Karakteristik dan Prinsip Kerja Mesin Bubut CNC TU-2A
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3924Keywords:
Daring, Augmented Reality, MDLC, Media PembelajaranAbstract
Pembelajaran daring atau online adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan koneksi internet. Dengan pembelajaran daring atau online diharapkan siswa memperoleh pengetahuan yang sama dengan pembelajaran tatap muka, namun lebih santai karena kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah. Karena pembelajaran dilakukan secara daring atau online, maka dari itu Augmented Reality (AR) ini dibuat untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami pembelajarannya. Metode yang digunakan pada media pembelajaran berbasis Augmented Reality ini adalah metode yang digunakan Sutopo dengan memodifikasi metode dari Luther yaitu metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah terciptanya suatu aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang didalamnya terdapat beberapa fitur seperti gambar 3D, animasi 3D dan juga suara sebagai pendukung sebuah aplikasi Augmented Reality ini. Aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh mahasiswa karena pembelajaran yang dilakukan secara daring dan tidak memungkinkan dilakukan diruangan praktikum.
References
Claus, H., Purnomo, E., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2017). Rancang Bangun Game 3 Dimensi Untuk Pengenalan Spesies Ikan Karang ( Studi Kasus?: Taman Nasional Bunaken ). Jurnal Teknik Informatika, 12(1). https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17788
Fendi, K. (2019). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Noviembre 2018, IX(1), 1. https://www.gob.mx/semar/que-hacemos
Hidayat, D., & Irfan, D. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Denah Kampus Universitas Negeri Padang Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 6(2), 75. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i2.102199
Ilham Akhsanu Ridlo. (2017). Pedoman Pembuatan Flowchart. Academia.Edu, 14. https://www.academia.edu/34767055/Pedoman_Pembuatan_Flowchart
M Teguh Prihandoyo. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126–129.
Mongilala, M. M., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Satwa Sulawesi Utara Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 465–474. https://doi.org/10.35793/jti.14.4.2019.27649
Mursyidah, M., & Ramadhona, R. (2018). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Rumah Adat dan Benda Bersejarah Aceh. Jurnal Infomedia, 2(2). https://doi.org/10.30811/.v2i2.513
Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86. https://doi.org/10.26623/transformatika.v14i2.442
Petta Solong, N. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 19–32. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2064
Supriono, N., & Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 3(1), 53–61. https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.652
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Yunavia Aryani, Bayu Ramadhani Fajri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).