Analisis Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Persiapan Menghadapi Persalinan

Main Article Content

N. Kadek Sri Eka Putri
Hastutik Hastutik

Abstract

Dukungan keluarga terutama dukungan yang didapatkan dari suami akan menimbulkan ketenangan batin dan perasaan senang dalam diri istri. Kualitas dan kuantitas dukungan keluarga dinilai dari tiga parameter yaitu, dukungan materi, informasi, dan psikologis. Sehingga dukungan keluarga sangat berpengaruh pada suasana emosional ibu dalam mengurangi kecemasan ibu dalam persiapan menghadapi proses persalinan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan dalam persiapan menghadapi persalinan pada ibu hamil trimester III di PMB Supadmi, SST, MSi, Desa Kunden, Bulu, Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian dilaksanakan di PMB Supadmi, SST, MSi, Desa Kunden, Bulu, Sukoharjo direncanakan pada bulan Maret s/d Mei 2021. Sampel dalam penelitian ini  adalah semua ibu hamil trimester III yang periksa di PMB Supadmi, SST, MSi, Desa Kunden, Bulu, Sukoharjo sebanyak 28 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling jenis sampel jenuh. Analis data yang digunakan uji chi kuadrat (? = 0,05). Dari hasil penelitian didapatkan c2hitung  adalah 10.889 > 9.488 dan nilai probabilitas adalah 0,028 < 0,05, H0 ditolak sehingga  terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan dalam persiapan menghadapi persalinan. Koefisien kontingensi diperoleh nilai sebesar 0,529 sehingga dapat disimpulkan tingkat keeratan hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan dalam persiapan menghadapi persalinan termasuk dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan dalam persiapan menghadapi persalinan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sri Eka Putri, N. K. ., & Hastutik, H. (2022). Analisis Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Persiapan Menghadapi Persalinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9480–9486. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3928
Section
Articles of Research

References

Adicondro N dan Purnamasari A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, Vol. VIII No. 1 Januari 2011.

Anshor, M.U & Ghalib A, (2010). Parenting With Love, Panduan Islami Mendidik Anak Penuh Cinta dan Kasih Sayang. Bandung; Mizan Pustaka.

Depkes RI, United Nations Population Found, (2007). Yang Perlu Diketahui Petugas Kesehatan tentang: Kesehatan Reproduksi. Jakarta; Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dewi MS, (2014). Hubungan Dukungan Keluarga terhadap Frekuensi Kunjungan Antenatal Care pada Komunitas Ibu Slum Area Kelurahan Selapang Jaya Kota Tangerang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Skripsi.

Golbasi, Zehra, Meral Kelleci, Gursum Kisacik, Ali Cetin, 2009. Prevalence and Correlaties of Depression in Pregnancy Among Turkish Women. Matern Child Health J (2010) 14;485-491.

Gungor, Ilkay, Umran Oskay, & Nezihe Kizilkaya Beji, 2010. Biopsychosocial Risk Factors for Preterm Birth and Postpartum Emitional Well-Being: a Case Control Study on Turkish Women without Chronic Illnesses. Blackwell Publishing Ltd, Journal of Clinical Nursing, 20, 653-665.

Hasuki, I. (2007). Buku Saku Perawatan Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta; EGC

Indriyani, D. (2013). Aplikasi Konsep & Teori Keperawatan Maternitas Postpartum dengan Kematian Janin. Ar-Ruzz Media; Yogyakarta.

Kemenkes RI, (2010). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu. Jakarta; Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat-Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

, (2010). Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA). Jakarta; Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat & Direktorat Bina Kesehatan Ibu-Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

, (2014). Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta; Pusat Promosi Kesehatan-Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Mahmudah, Dedeh. (2010). Hubungan Dukungan Keluarga dan Religiusitas dengan Kecemasan Melahirkan pada Ibu Hamil Anak Pertama (Primigravida). Skripsi S1 Fakultas Psikologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Maramis, W.F. (2005). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa, Cetakan Kesembilan. Surabaya; Airlangga University Press.

Meko, M.Y.D. (2012). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pengetahuan Suami tentang Tanda Bahaya pada Masa Kehamilan, Persalinan dan Nifas di Wilayah Kerja Puskesmas Bakunase tahun 2011. Kupang; FKM Undana.

Na’im, N.J. (2010). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Ibu Primipara Menghadapi Persalinan di Puskesmas Pamulang Kota Tanggerang Selatan. Jakarta; Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nurwulan D, Mendri NK, Majid A, (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Pre Anastesi dengan Tindakan Spinal Anastesi di RSUD Sleman. Skripsi D IV Keperawatan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta.

Notoatmodjo S , 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Primasnia, P. (2013). Hubungan Pendampingan Suami dengan Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida dalam Menghadapi Proses Persalinan Kala I di Rumah Bersalin Kota Ungaran. Semarang; Poltekkes Kemenkes Semarang.

Putri NKSE dan Hastutik. (2019). Determinan Perilaku Ibu Hamil untuk Melakukan Kunjungan Antenatal Care di Desa Kragilan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Prodi D3 Kebidanan STIKes Mitra Husada Karanganyar.

Stuart, G.W and Laria. (2005). M.T. Principles and Practice of Psychiatric Nursing. (8th ed). St.Louis: Mosby.

Sudiharto. (2007). Asuhan Keperawatan Keluarga dengan Pendekatan Transkultural. Jakarta; EGC

Suliswati, dkk. (2005). Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta; EGC

Susanti. (2008). Psikologi Kehamilan. Jakarta; EGC

Taufan. (2014). Askep Kehamilan (cetakan pertama). Yogyakarta, Nuhu Medika

Zuhrotunida dan Yudiharto, A. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Ibu Hamil Menghadapi Proses Persalinan di Puskesmas Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang. Jurnal JKFT: Universitas Muhammadiyah Tangerang Vol. 2, Juli-Desember, tahun 2017: 60-70.