Gangguan Mekanisme Berbicara Pada Anak Usia 4 Tahun: Kajian Psikolinguistik

Main Article Content

Puji Setia Lestari
Hendra Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk reseptif dan ekspresif (produktif). gangguan pada anak cadel, penelitian ini juga menjelaskan tentang faktor yang mempengaruhi seoranga anak mengalami gangguan mekanisme bicara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian simak dan catat, intrumen yang diperlukan dalam penelitian berupa perekaman yang dilakukan secara langsung oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis yang ditemukan, gangguan mekanisme terjadi pada anak usia dini yang dialami oleh sumber merupakan gangguan ekspresif (produktif) dalam gangguan fonologis. Adapun penambahan bunyi yang terjadi pada bunyi [u] ditambahkan bunyi [y]. Dalam hal ini gangguan ekspresif dan fonologis yang dialami oleh anak berusia empat tahun disebabkan oleh faktor genetic yang mendukung dan pengaruh lingkungan sekitar dalam halnya berbicara

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setia Lestari, P. ., & Setiawan, H. . (2022). Gangguan Mekanisme Berbicara Pada Anak Usia 4 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9609–9614. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3945
Section
Articles of Research

References

Chaer, Abdul (2003). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jaelani, E. P., & Triyanto, T. (2020). Analisis Gangguan Mekanisme Berbicara Pada Anak Cadel. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(2).

Janella, T., Muzzamil, A. R., & Syahrani, A. (2019). Kajian Psikolinguistik Terhadap Gangguan Mekanisme Berbicara (Studi Kasus Raisya dan Athaya). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281-297.

Matondang, C. E. H. (2019). Analisis gangguan berbicara anak cadel (kajian pada perspektif psikologi dan neurologi). Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 49-59.

Amaliah, M. N. (2017). Pemerolehan Kompetensi Fonologis Dan Gangguan Pemroduksian Ujaran Pada Anak Berusia 3 Sampai 4 Tahun. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 6(2), 47.

Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>