PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN

Main Article Content

Ab Marisyah
Firman Firman
Firman Firman
Rusdinal Rusdinal

Abstract

Perkembangan pendidikan Indonesia tidak dapat lepas dari peran Ki Hadjar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan di Indonesia. Pemikirannya dalam bidang pendidikan, pada masa kini nampaknya sudah sedikit mulai terlupakan. Oleh karena itu, melalui artikel ini penulis bertujuan untuk menguraikan konsep dan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan di Indonesia. Tulisan ini merupakan kajian pustaka dengan menggunakan pendekatan historis. Sumber data primer yang digunakan, merupakan karya yang ditulis oleh Ki Hajar Dewantara langsung, dan sumber data sekunder yang digunakan, meliputi karya tentang Ki Hajar Dewantara yang ditulis oleh orang lain. Dalam proses analisis data telah terkumpul, penulis menggunakan analisis kandungan pemikiran (content analisys) Hasil penelitian adalah 1) Sistem among yang mempunyai dua dasar yaitu azas kodrat alam dan azas kemerdekaan. 2) Konsepsi pendidikan Ki Hadjar Dewantara meliputi konsep tri pusat. 3). Sumbangan pemikiran Ki Hadjar Dewantara bagi pendidikan Indonesia yaitu taman siswa yang didalamnya terdapat system among dan juga konsep tri pusat pendidikan yang juga system asrama yang sangat cocok diterapkan dalam pendidikan militer.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marisyah, A., Firman, F., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1514-1519. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/395

References

Dewantara.https://www.researchgate.net/publication/320322205_Pandangan_dan_Kons ep_Pendidikan_Ki_Hadjar_Dewantara
Dewantara, Ki Hadjar, 1994, Kebudayaan, Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, Yogyakarta.
Muhadjir,1991, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi 4 :183
Noor Syam, Mohammad, 1983, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila,Usaha Nasional, Surabaya.
Suparlan Henricus. (2014). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia.Jurnal Filsafat, Vol. 25, Nomor 1,. 1-19.
UtomoIlham Nur. (2018). Pendidikan dalam Pemikiran Mohammad Hatta. Jurnal Prodi Ilmu Sejarah, Vol. 3, No. 1,. 55-67
Wiratmoko Dheny. (2011). Sistem Pendidikan Taman Siswa: Studi Kasus Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/75.
Yanuarti Eka. (2017).Pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13.Jurnal Penelitian,Vol. 11, No. 2,.237-265.
Yuliasari Putri.(2014). Relevansi konsep Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan di abad 21. As- Salam,Vol. V, No. 1,. 45-6

Most read articles by the same author(s)