Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills Citra Sosial Perempuan pada Cerpen Kartini Karya Putu Wijaya

Main Article Content

Fitri Yani
Muhammad Surif
Syairal Fahmi Dalimunthe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan dimensi citra sosial seorang perempuan pemberani dan cerdas pada cerpen Kartini karya Putu Wijaya dengan pendekatan Sara Mills. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan. Hasil Penelitian disini tokoh Ami menganggap dirinya dan perempuan-peremuan Indonesia lainnya sebagai penerus perjuangan perempuan perkasa seperti Cut Nyak Dhien dan Sagung Wah. Dari cerpen ini menunjukan bahwa Ami berharap perempuan Indonesia lebih berani memperjuangkan haknya dan lebih berani dalam mengambil sebuah keputusan memajukan hak para perempuan. Citra social tokoh Ami juga sebagai perempuan yang sangat cerdas terlihat dari cara berbicara dan berperilaku tentang apa yang sesungguhnya seorang perempuan butuhkan. Melalui cara berbicara Ami dalam cerpen tersebut dapat diungkapkan tentang perbedaan emansipasi. Selanjutnya peneliti menggunakan Sara Mills’ Critique untuk menganalisis cerpen Kartini karya Putu Wijaya. Penelitian menemukan bahwa terdapat pesan dan nilai moral yang harus dihayati dalam kehidupan perempuan apalagi mengenai posisi perempuan yang seharusnya memiliki harkat dan martabat yang sama dengan laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yani, F. ., Surif, M. ., & Dalimunthe, S. F. . (2022). Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills Citra Sosial Perempuan pada Cerpen Kartini Karya Putu Wijaya . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9760–9767. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3967
Section
Articles of Research

References

Amal, Siti Hidayati. 1995. “Beberapa Perspektif Feminis dalam Menganalisis Permasalahan Wanita” dalam Ihromi T.O (ed). Kajian Wanita dalam Pembangunan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Bhasin, Kamla dan Nighat Said Khan. 1999. Persoalan Pokok Mengenai Feminisme dan Relevansinya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama bekerjasama dengan Kalyanamitra.

Hellwig, Tineke. 2003. In The Shadow Of Change: Citra Perempuan dalam Sastra Indonesia. Depok: Desantara kerja sama dengan Women Research Institute

Madsen, Deborah L. 2000. Feminist Theory and Literary Practice. London: Pluto Press.

Mosse, Julia Cleves. 2007. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar kerja sama dengan Rifka annisa women’s crisis centre.

Muslimat. 2005. “Citra Wanita dalam Cerita Rakyat Makassar: Suatu Tinjauan Kritik Sastra Feminis.” Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Gadjah Mada

Sofia, Adib dan Sugihastuti. 2003. Feminisme dan Sastra: Menguak Citra Perempuan dalam Layar Terkembang. Bandung: Katarsis.

Sugihastuti. 2000. Wanita Di Mata Wanita. Bandung: Nuansa dan Itsna Hadi Saptiawan. 2007. Gender dan Inferioritas Perempuan: Praktik Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wijaya, Putu. 2004. Bali. Jakarta: Penerbit Kompas.