Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Main Article Content

Azka Salmaa Salsabilah
Nabila Putri Nur Afifah
Tin Rustini
Wahyuningsih Wahyuningsih

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan proses pembelajaran yang mempelajari manusia yang bertujuan untuk membuat siswa memiliki perilaku yang baik, keterampilan yang baik, sikap yang baik dan pengetahuan yang baik. Pendidikan karakter merupakan bagian dari studi ilmu sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pemahaman guru tentang pendidikan karakter, (2) untuk mengetahui kemampuan guru dari mengintegrasikan pendidikan karakter dalam rencana, tindakan dan evaluasi, (3) untuk mengetahui kesulitan guru untuk pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode library research. Hasil penelitian ini adalah guru mengupayakan pembentukan karakter siswa, dengan melakukan berbagai macam program antara lain diadakan oleh kepala sekolah kepada guru, oleh guru kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Salsabilah, A. S., Nur Afifah, N. P. ., Rustini, T., & Wahyuningsih, W. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9784–9790. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3970
Section
Articles of Research

References

A, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Alkrienciehie dan Salahudin. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Surakarta: PT. Pustaka Setia.

Agus Wibowo. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andrianto, Tuhana (2011). Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Chrisiana, W. (2005). Upaya penerapan pendidikan karakter bagi mahasiswa (studi kasus di jurusan teknik industri UK Petra). Jurnal teknik industri vol. 7, no. 1:83 – 90.

Sardjito, dkk. 2011. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Simanjuntak, D. (2012).Pendidikan Karakter: Membentuk Karakter Unggul? Jurnal Pendidikan Penabur. Tahun ke 11. No.19.

Aunillah Isna, Nurla 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Transmedia.

Gunawan, Rudi. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta. Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartono. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter pada Layanan Bimbingan dan Konseling. Wahana, volume 57, nomor 2/ Desember.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana.

Yaba. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Makassar

Kasim, Mellani. 2008. Macam-Macam Model Pembelajaran untuk Mengatasi Masalah Pendidikan IPS di SD. Artikel. (Sumber: http://meilanikasim.wordpress.com/2008/11/29/model-pembelajaran-ips/. Diakses tanggal 11 Oktober 2012).

Barth, R. (1990). Improving schools from within. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Most read articles by the same author(s)