Pengembangan Kompetensi Pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Kampar

Main Article Content

Rena Daryani
Seno Andri
Adianto Adianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya capaian kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten Kampar, penelitian dan pengkajian pada Dinas Sosial Kabupaten Kampar. Dalam pelaksanaan tugas terutama dibidang Pemberdayaan Rehabilitasi sering tidak tercapai. Masih belum tersedianya Dokumen Pendukung guna memaksimalkan Kompetensi Pegawi. Rendahnya kompetensi dari aparatur tersebut secara nyata ditunjukkan oleh rendahnya kemampuan dalam melaksanakan tugas pekerjaan dan jabatan. Setiap pegawai ASN memiliki hak dan kesempatan untuk pengembangan kompetensi, instansi pemerintah wajib menyusun rencana pengembangan kompetensi tahunan yang tertuang dalam rencana kerja anggaran tahunan instansi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan upaya pengembangan kompetensi Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten Kampar serta menganalisis faktor penghambat pengembangan kompetensi Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten Kampar dan Upaya yang dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Kampar dalam Pengembangan Kompetensi. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menetapkan informan penelitian sebagai sumber informasi untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Informan dalam penelitian ini adalah orang yang mengetahui permasalahan penelitian secara mendalam. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa pengembangan Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten Kampar ditinjau dari kriteria perencanaan, pelatihan, penilaian, dan pengembangan kompetensi berorientasi pekerjaan adalah belum optimal. Faktor penghambatnya yaitu koordinasi dan sosialisasi antar instansi terkait pengembangan kompetensi belum berjalan dengan baik serta keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Kampar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Daryani, R., Andri, S. ., & Adianto, A. (2022). Pengembangan Kompetensi Pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Kampar . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10087–10098. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4016
Section
Articles of Research

References

Anggara Sahya. 2016. Administrasi kepegawaian negara, Bandung : CV Pustaka Setia.

Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Manopo, Christine. 2011. Competency Based Talent and Performance Management System. Jakarta: Salemba Empat.

Miles, Matthew B. And A. Michael Huberman.2007. Qualitative data asnalysis

(Terjemahan). Jakarta : UI Press

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Competency Based Human Resource Management. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Mukhlis, Suhardi. 2012. Administrasi Kepegawaian, Yogyakarta : PT. Lautika. Nurmantu, 2007. Budaya Organisasi Dari Chaster I Bernard Ke Michael E Phorter, Selo Soemarjan Research Centre. Fisip UI : Jakarta.

Priyono. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Rampersad, Hubert K. 2006. Total Performance Scorecard Konsep Manajemen Baru Mencapai Kinerja dengan Integritas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

Soetjipto, 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wirawan, 2012. Evaluasi kinerja sumber daya manusia teori, aplikasi dan penelitian. Selemba Empat : Jakarta.

Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno.2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Alfabeta.

Amarullah, Dimas. 2018. Pengembangan Kompetensi Aparatur Perencana Studi Kasus di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Mahasiswa Universitas Brawijaya. Vol.4 No.3.

Aprilda.2017. Pengaruh Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai (Studi pada Bagian Pengelolaan Keuangan Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I Medan). Jurnal Administrasi Publik. Vol 3, No 2.

Faisal, Muhammad.dkk.2020. Analisis Pengembangan Kompetensi Pegawai Pada Dinas Pendidikan di Kota Makassar. Pellangga Praja. Vol 1, No 2.

Fathurrohman,Irwan.2017. Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri STAIN CURUP melalui Metode Pendidikan dan Pelatihan. Manajer Pendidikan. Vol 11,No. 21, Hal 120-129

Hadi, Larbiel. 2018. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan (Studi pada Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau). Vol. 15 No.1.

Iswanto, Jefri. 2016. Pengaruh Kompetensi Dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bpjs Ketenagakerjaan Kota Pekanbaru.

Nazara, Dedi Kurniawan. 2020. Pengembangan kompetensi aparatur sipil negara di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial. Volume 1. Issue 1.

Prasetyo, Andri Wahyu. 2019. Telaah Pengembangan Kompetensi Aparatur Pemerintahan Desa, Jurnal Of Public Administration And Local Governance. Vol. 3 Hal.105

Setiadiputra, Yudhi Pradityo. 2017. Urgensi program pengembangan kompetensi sdm secara Berkesinambungan di lingkungan instansi pemerintah. Jurnal SAWALA. Vol 5, No 1.