Peran Kepala Sekolah alam Mengembangkan Budaya Literasi di SDN Curug 1

Main Article Content

Firda Rosdiana
N. Fathurrohman

Abstract

Sekolah memiliki peran vital dalam peralihan budaya, peran tersebut sangat signifikan dalam megubah budaya masyarakat melalui generasi penerus bangsa indonesia yang masih duduk disekolah dasar. Peran tersebut tidak terlepas dari segi manajerial kepala sekolah dalam mendukung program budaya baca disekolah. Literasi adalah sarana siswa dalam mengetahui, memahami serta mempraktikan pembelajaran disekolah dengan melalui kegiatan dasar seperti membaca. Peran literasi sangat penting untung memberi pengalaman belajar sebagai dasar pengembangan kecakapan diri sekaligus sebagai bekal menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya serta dunia kerja. Hal tersebut membuat kepala sekolah harus berupaya mengikatkan budaya literasi degan membuat suatu prgram yang mendukung agar terwuudnya budaya literasi disekolah. Adapun peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi disekolah salah satunya dengan mengajak warga sekolah utuk bekerja sama dalam mengembangkan budaya literasi agar mampu berjalan dengan baik, kualitas literasi siswa pun semakin baik dan berkualitas.     

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosdiana, F. ., & Fathurrohman, N. (2022). Peran Kepala Sekolah alam Mengembangkan Budaya Literasi di SDN Curug 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10213–10219. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4030 (Original work published June 1, 2022)
Section
Articles of Research

References

Endaswara, Suwardi. 2017. Strategi Pengembangan Budaya Literasi Sastra di Sekolah dan Masyarakat. Prosiding SENASBA Edisi 1.

Fiedler, Fred E. & Martin M. Chamers dalam Wahjosumidjo. 2004. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pratomo, Hery. 2010. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Program Gerakan Literasi di Sekolah. Inovasi Pendidikan: Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam menghadapi Abad 21.

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yusuf, Pawit M. & Yaya Suhendar. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Jurnal/Artikel

Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. JPSD Vol. 3 No. 1, Maret 2017, ISSN 2540-9093.

.

Ambarita, Alben. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: GrahaIlmu. Asmawan, Moch.

Chairil. 2018. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol 28. No. 1, Juni 2018.p-ISSN:1412-3835.