Efektivitas Media Elektronik Komik Digital untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Syamsurijal Syamsurijal Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makasar, Indonesia
  • Iwan Suhardi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makasar, Indonesia
  • Muhammad Yusuf Mappeasse 3 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Makasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.4076

Keywords:

Media Komik, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk apakah efektif produk komik digital sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel berupa model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Empat tahapan tersebut yakni tahapan pendefinisian,perancangan, pengembangan dan penyebaran. Sampel diperoleh melalui random sampling, dan diperoleh jumlah sampel pada kelas eksperimen sebanyak 30 mahasiswa dan pada kelas kontrol sebanyak 32 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aspek Validitas Media Komik Digital: media tersebut dinyatakan valid dengan persentase 86,67% berdasarkan validasi oleh ahli materi, 81% berdasarkan validasi ahli media, 84% berdasarkan validasi ahli soal, 81,89% berdasarkan penilaian guru, 86,36% berdasarkan uji coba awal pada siswa, dan 82,94% berdasarkan uji coba eksperimen. Dengan demikian media komik digital yang dikembangkan layak untuk digunakan; (2) berdasarkan uji one sample t test disimpulkan bahwa nilai prestasi belajar siswa yang dikenai pembelajaran dengan media pembelajaran komik digital dapat mencapai ketuntasan belajar lebih dari 75%, (3) berdasarkan uji independent two sample t tes disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar matematika siswa antara kelas yang dikenai media pembelajaran komik digital dengan siswa yang tidak dikenai media tersebut (4) hasil pengembangan media komik digital dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa masuk dalam kategori cukup efektif. Ini berdasarkan  skor N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,62 lebih dari dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,43 (kurang efektif).

References

Buchori, A. & Setyawati, R. D. (2015). Development Learning Model of Charactereducation Through E-Comic in Elementary School. International Journal of Education and Research, 3(9), 369—386.

Budiarti, W. N., & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik untuk Mengingatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233—242.

Dwi Novianti, Riska., M. Syaichudin. 2010. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Peserta didik Kelas V SD Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan10. No. 1.

Gafoor, K. A., & Shilna, V. (2013). Role of Concept Cartoons in Chemistry Learning. Presented in Two Day National Seminar on Learning Science by Doing – Sciencing (December 5 & 6th 2013) at PKM College of Education, Madampam, Kannur, India.

Graham, S. (2011). Comics in the Classroom: Something to be Taken Seriously. Language Education in Asia, 2(1), 92—102.

Hadi, S. (2008). Pembelajaran Konsep Segiempat Menggunakan Media Pembelajaran Komik dengan Strategi Bermain Peran pada Siswa Kelas IV SD Semen Gresik. Prosiding Konferensi Nasional Matematika.

Hosler, J., & K. B. Boomer. (2011). Are Comic Books an Effective Way to Engage Nonmajors in Learning and Appreciating Science?. CBE – Life Science Education. 10, 309—317.

Indaryati., & Jailani. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84—96.

Karmawati. (2007). Penggunaan Komik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Hunafa, 4(2), 121—128.

Manalu, M. A., Hartono, Y., & Aisyah, N. (2017). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Nilai Karakter pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 35—48.

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan melalui Media Komik untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 68—76.

Monnin, K. (2012). Teaching with Comics and Illustrated Novels: A Guide for Parents, Librarians, and Educators. Andrews McMeel Publishing.

Nugraheni, Nursiwi. (2017). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika 7 (2) (2017). p-ISSN: 2087-9385 e-ISSN: 2528-696X.

Rasiman dan Aginita Siska Pramasdyahsari. 2014. Development of Matematics Learning Media. Jurnal of Education and Research. Vol. 2. No. 11.

Reilly, E. M. (2014). Superheroes in Math Class: Using Comics to Teach Diversity Awareness. International Journal Work and Days, 32(1&2), 61—74.

Septy, Liana. (2015). Pengembangan Media Komik pada Materi Peluang Kelas VIII. Jurnal Dedaktik Matematika.Vol.2 No 2, September 2015: Hal 16-26. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Thiagarajan, Semmel & Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Waluyanto, H. D. (2005). Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Nirmana, 7(1), 45—55.

Downloads

Published

05-06-2022 — Updated on 05-06-2022

Versions

How to Cite

Syamsurijal, S., Suhardi, I. ., & Mappeasse, M. Y. . (2022). Efektivitas Media Elektronik Komik Digital untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10519–10535. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.4076

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check