Efektifitas Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada Peserta Didik Tingkat SMA dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Main Article Content

Vera Sriwahyuningsih
Mufadhal Barseli

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat efektifitas latihan dasar kepemimpinan (LDK) pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tentang pembentukan jiwa kepemimpinan, kemampuan berorganisasi, keberanian dan berperan aktif. Penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 peserta didik tingkat SMA di Wilayah Sumatera Barat yang mengikuti kegiatan LDK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan LDK dapat membantu peserta didik dalam membentuk jiwa kepemimpinan, kemampuan berorganisasi, dan memperoleh keberanian, serta berperan aktif di lingkungan sekitar. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai studi kebutuhan bagi guru Bimbingan Konseling dalam membuat program dan pemberian layanan bimbingan konseling.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sriwahyuningsih, V. ., & Barseli, M. . (2022). Efektifitas Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada Peserta Didik Tingkat SMA dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10471–10475. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4087
Section
Articles of Research

References

Agus Irianto. 2010. Statistika Konsep, Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Agus Wibowo dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amtu, Onisimus. 2014. Membenahi Pendidikan di Wilayah Kepulauan. Bandung: Alfabeta.

Anas Sudijono. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamalik. Oemar. 2007. Menejemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Bandung : Bumi Aksara.

Hani Handoko. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: BPFE, 1996), h.104 2 Robert L. Mathis dan John H. Jackson, Human Resource Management ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, (Jakarta: Salemba Empat, 2011), h.301

Kartono, Kartini. 2014. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?. Jakarta: Rajawali Pers.

Plilip, Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia

Robert, Bacal. 2011. Performance Management. Terjemahan Surya Dharma dan Yanuar Irawan, Jakarta : Gramedia Pustaka

Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.