Kajian Psikolinguistik Terhadap Gangguan Mekanisme Berbicara pada Anak Usia 7 Tahun

Main Article Content

Vera Mustika Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk gangguan reseptif dan ekspresif (produktif) pada anak cadel Razka Alfatih Aditya. Selain itu juga untuk mendeskripsikan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Simak Libat Cakap, Pancing, Cakap Semuka, catat, dan catat. Metode analisis data yang digunakan adalah pasangan referensial dan pasangan fonetik artikulatoris. Analisis disajikan dengan menggunakan metode formal dan informal. Berdasarkan analisis, Razka mengalami gangguan bahasa reseptifberupa persepsi sensorik (identifikasi simbol) dan visual (gambar), sedangkan pendengarannya normal. Selanjutnya gangguan ekspresif yang diderita berada pada area fonetis. Sementara vokal dan diftong dalam keadaan normal, konsonan adalah area yang sering mengalami penggantian dan penghilangan. Sementara itu, penambahan dan inkonsistensi bunyi tidak ditemukan dalam tuturannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, V. M. . (2022). Kajian Psikolinguistik Terhadap Gangguan Mekanisme Berbicara pada Anak Usia 7 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10563–10569. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4097
Section
Articles of Research

References

Amril & Ermanto.2007. Fonologi Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman

Filosofis dan Metodologi ke Arah Model Aplikasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. Dardwidjojo, (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia.

Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia Ghony, & Fauzan. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Harras, & Bachari. (2009). Dasar-dasar Psikolinguistik. Bandung: UPI Press. Judarwanto, (2006). “Keterlambatan bicara,

Berbahaya atau tidak Berbahaya”. http://www. Children family.com. (27 Desember 2010). Moleong, Lexy J. 2015. Metedologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya. Murniati, (2015).

“Gangguan Berbahasa pada Anak Penderita Gangguan Pemusatan

Perhatian Studi Kasus pada Ichsan Muhammad Akbar ” . Thesis. Pasca Sarjana, Universitas Andalas, Padang.