Pengaruh Game Online terhadap Perkembangan Perilaku Buruk Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4103Keywords:
Game Online, Perkembangan Perilaku Bahasa AnakAbstract
Menjadi latar belakang penelitian ini adalah maraknya Bahasa gaul yang kasar di kalangan anak sekolah dasar. Dalam penelitian ini mengguakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskripsi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi kemudian di deskripsikan bahwa anak mendapatkan perilaku buruk dalam berbahasa dari game online yang sering di mainkan Game onlin yang diangkat adalah permainan Game Valorant.. Data yang di kumpulkan kemudian di reduksi, analisis,, di sajikan dan ditarik kesimpulan.Kesimpulan dari peneilitian ini anak menadospi Bahasa gaul yang kasar dari game baik itu Bahasa asing atau Bahasa gaul seperti menyebut kata-kata, Fuck asu (anjing), Tolol (Bodoh), Kontol (Kelamin Laki-Laki), Jancok, Bajingan dan lain-lain. Keismpulan dari penelitian ini yang dapat penulis Tarik adalah anak menyerap perilaku bahas buruk dari permainan game online untuk itu penting bagi orang tua mengarahkan anak untuk tidak membiasakan diri dalam menggunakan Bahasa yang kurang sopan dalam pergaulan
References
Ananda, R., & Zaiyasni. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Two Stay Two Stray Di Kelas IV SD. Journal Of Basic Education Studies, 3(2), 189–197.
Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798
Delvia, R., Taufina, T., Rahmi, U., & Zuleni, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Bercerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1022–1030. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.230
Desyandri, D., Yeni, I., Mansurdin, M., & Dilfa, A. H. (2021). Digital Student Songbook as Supporting Thematic Teaching Material in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 342. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.36952
Irdamurni, I., Nurhastuti, N., Amini, R., & Taufan, J. (2020). Implementation of speech to-text application for deaf students on inclusive education course. 3(2), 38–40. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2290896
Iswan, & Kusmawati, A. (2014). Pengaruh Games Online terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 9-10 Tahun di Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Jurnal Personifikasi, 5(2), 164–185.
Julrissani, J. (2020). Karakteristik Perkembangan Bahasa dalam Berkomunikasi Siswa Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 72–87. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.296
Munawir, A. (2019). Online Game and Children’S Language Behavior. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(2), 337–343. https://doi.org/10.24256/ideas.v7i2.1050
Purandina, I. P. Y. (2021). Implementasi Media Digital Untuk Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Pratama Widya?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 66. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2086
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Resi Ananda, Desyandri Desyandri, Irda Murni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).