Problematika Perceraian: Resiko Perjodohan dan Ketimpangan Pendidikan pada Pasutri di Kecamatan Kedungreja Cilacap

Main Article Content

Laela Mahmudah

Abstract

Penelitian ini berfokus pada masalah perceraian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyebab perceraian yang terjadi akibat perjodohan dan untuk mendeskripsikan penyebab perceraian yang terjadi karena ketimpangan pendidikan. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pasangan menikah karena terpaksa dan tidak mencintai kemudian terajadi ketidakcocokan pemikiran dan sehingga pertengkaran dan perselisihan sering terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mahmudah, L. (2022). Problematika Perceraian: Resiko Perjodohan dan Ketimpangan Pendidikan pada Pasutri di Kecamatan Kedungreja Cilacap. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10616–10620. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4107
Section
Articles of Research

References

Hasbiansyah, O. 2008. “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi”. Jurnal Mediator Vol. 9 No. 1 Juni.

Manna, Nibras Syafriani dkk. 2021. “Cerai Gugat: Telaah Penyebab Perceraian pada Keluarga di Indonesia”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Semi Humaniora Vol. 6 No. 1 Maret.

Rustina. 2014. “Keluarga dalam Kajian Sosiologi”. Jurnal Musawa Vol. 6 No. 2 Desember.

Saidiyah, Satih & Julianto, Very. 2016. “Problem Pernikahan dan Strategi Penyelesaiannya: Studi Kasus pada Pasangan Suami Isteri dengan Usia Perkawinan di bawah Sepuluh Tahun”. Jurnal Psikologi Undip Vol. 15 No. 2 Oktober.

Wijayanti, Urip Tri. 2021. “Analisis Faktor Penyebab Perceraian pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bnayumas”. Jur. Ilm. Kel. & Kons Vol. 14 No. 1.