Problematika Perceraian: Resiko Perjodohan dan Ketimpangan Pendidikan pada Pasutri di Kecamatan Kedungreja Cilacap

Authors

  • Laela Mahmudah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
  • Moh. Mufid Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4107

Keywords:

Problematika Perceraian, Resiko Perjodohan dan Ketimpangan Pendidikan

Abstract

Penelitian ini berfokus pada masalah perceraian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyebab perceraian yang terjadi akibat perjodohan dan untuk mendeskripsikan penyebab perceraian yang terjadi karena ketimpangan pendidikan. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pasangan menikah karena terpaksa dan tidak mencintai kemudian terajadi ketidakcocokan pemikiran dan sehingga pertengkaran dan perselisihan sering terjadi.

References

Hasbiansyah, O. 2008. “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi”. Jurnal Mediator Vol. 9 No. 1 Juni.

Kabalmay, Husin Anang. 2015. “Kebutuhan Ekonomi dan Kaitannya dengan Perceraian”. Jurnal Tahkim Vol. 9 No. 1 Juni.

Manna, Nibras Syafriani dkk. 2021. “Cerai Gugat: Telaah Penyebab Perceraian pada Keluarga di Indonesia”. Jurnal Al-Azhar Indonesia Semi Humaniora Vol. 6 No. 1 Maret.

Rustina. 2014. “Keluarga dalam Kajian Sosiologi”. Jurnal Musawa Vol. 6 No. 2 Desember.

Saidiyah, Satih & Julianto, Very. 2016. “Problem Pernikahan dan Strategi Penyelesaiannya: Studi Kasus pada Pasangan Suami Isteri dengan Usia Perkawinan di bawah Sepuluh Tahun”. Jurnal Psikologi Undip Vol. 15 No. 2 Oktober.

Wijayanti, Urip Tri. 2021. “Analisis Faktor Penyebab Perceraian pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bnayumas”. Jur. Ilm. Kel. & Kons Vol. 14 No. 1.

Downloads

Published

06-06-2022

How to Cite

Mahmudah, L., & Mufid, M. . (2022). Problematika Perceraian: Resiko Perjodohan dan Ketimpangan Pendidikan pada Pasutri di Kecamatan Kedungreja Cilacap. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10616–10620. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4107

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check