Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Aplikasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 tahun

Authors

  • Putri Zahara Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Prima Aulia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universita Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4112

Keywords:

Media Pembelajaran, Puzzle, Kemampuan Membaca, Anak Usia Dini

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran puzzle berbasis aplikasi dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun dihasilkan “sangat valid” dengan persentase penilaian 96,16%. Proporsi kemampuan membaca dasar anak yang dinilai sebelum memanfaatkan media pembelajaran puzzle adalah 18,2% yang tergolong “sangat rendah”. Hasil pemeriksaan kemampuan membaca anak setelah menggunakan media pembelajaran puzzle berjumlah 73,6% dan tergolong “tinggi”. Media tersebut dilaporkan efektif dalam uji keefektifan karena terjadi peningkatan perkembangan kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah mereka memanfaatkan puzzle sebagai media belajar. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran puzzle berbasis aplikasi yang valid dan berhasil yang dapat dimanfaatkan untuk mengajar anak usia dini. Materi pembelajaran puzzle ini dibuat dengan menggunakan AdobeiFlashiProfessionaliCS6.

References

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini: Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Hlm. 13.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hlm. 203.

Dela, R. (2021). Pengembangan Permainan Puzzle Berbasis Construct 2 Pada Pemahaman Konsep Bangun Datar Sd/Mi. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Hlm. 21.

Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir. Hlm. 334, 335.

Magfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566. Hlm. 1563.

Purwanto. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Hlm. 102.

Putra, P.A., & Hasiana, I. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Hlm. 22.

Rahman, A. R., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, Volume 13, Nomor 1.

Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai. Hlm. 589.

Riduwan. 2005. Belajar Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta. Hlm. 89.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hlm. 55, 77-78.

Downloads

Published

07-06-2022

How to Cite

Zahara, P., & Aulia, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Aplikasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12760–12768. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4112

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check