Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Kec. Akabiluru

Main Article Content

Milda Fitriani
Afrinaldi Afrinaldi

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa memiliki kecerdasan spiritual yaitu bersikap fleksibel ditandai dengan mampu menyesuaikan diri dengan teman, memberikan bantuan kepada teman yang membutuhkan, memiliki kesadaran yang tinggi yaitu menyadari kewajiban sebagai umat beragama ditandai dengan melaksanakan shalat, menghormati orang yang sedang membaca alquran, menghormati guru dan orang lain. 7 dari 10 orang siswa memiliki kecerdasan yang tinggi yang ditandai dengan siswa memiliki kualitas hidup yang dilhami oleh visi dan misi yaitu siswa melakukan usaha-usaha tertentu untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Siswa enggan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu ditandai dengan siswa selalu memanfaatkan waktu senggang untuk melakukan hal positif seperti melakukan hobi. Motivasi belajar yaitu siswa dapat mempertahankan pendapatnya yaitu tidak terpengaruh dengan jawaban yang diberikan oleh teman, senang mencari dan memecahkan soal-soal yaitu menyelesaikan jawaban LKS yang telah dijelaskan oleh guru dan menanyakan kepada guru apabila terdapat materi yang tidak dipahami, tekun dalam menjalankan tugas yaitu siswa selalu berusaha menyelesaikan tugas agar dapat dikumpulkan tepat waktu, siswa lebih suka mengerjakan tugas sendiri agar lebih fokus dan tugas lebih cepat selesai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Teknik sampling yang digunakan adalah metode random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 139 orang, maka penulis mengambil sampel dengan jumlah 20%  dari populasi sehingga jumlah sampelnya sebanyak 27 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment yang mensyaratkan hipotesis diterima apabila r hitung lebih besar dari r tabel. Berdasarkan hasil analisis korelasi diketahui nilai r hitung sebesar 0,915. Besar variabel kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar dihitung dengan D = r2 × 100%= (0,915)2 × 100%, maka diperoleh D sebesar 83,7225%. Jadi dapat disimpulkan bahwa sangat besar hubungan kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Kec. Akabiluru yaitu sebesar 83,7225%. Kesimpulan tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi kecerdasan spiritual maka semakin tinggi motivasi belajar , sebaliknya semakin rendah kecerdasan spiritual maka semakin redah motivasi belajar siswa. Sedangkan 16,28% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak peneliti masukkan dalam variabel penelitian. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani, M., & Afrinaldi, A. (2022). Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Kec. Akabiluru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10733–10740. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4129
Section
Articles of Research

References

Alfansyur, Andarusni. Pemanfaatan Media Berbasis ICT Kahoot dalam Pembelajaran PPKN untukMeningktakan Motivasi Belajar Siswa. Vol. 6. No. 2019.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.. Jakarta : Rineka Cipta.

Ernata, Yusvidha. Analisis Motivasi Belajar Pesreta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol. 5. No. 2. 2017.

Khalifah, Mustami Muh, dkk. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar : Alauddin Press.

Octavia, Shylphy A. 2020. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja cet. 1. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Riduwan, 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta.

S. Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung : PT. Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung : Alfabeta.

Sulastyningrum, Rizky, Trisno Martono & Budi Wahyono. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonoomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. Vol 4. No. 2. 2019.

Sutiah. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran.Cet 1. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.