Penggunaan Podcast Mengenai “Peran Dan Tantangan Muslimah Diera Milenial” Menjadi Madrasah Al-Ula

Main Article Content

Ani Nur Aeni
Sabilla Rosalino
Himmatul Mufidah
Riefaz Zein El Sulthan

Abstract

Abstrak maksimal terdiri dari 250 kata dan minimal 150 kata berbahasa Indonesia dicetak miring dengan Times New Roman 10 point. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah dan ringkasan hasil. Abstrak sebaiknya diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Selain itu, ibu merupakan tokoh sentral yang akan dicontoh dan menjadi contoh perilaku dan kepribadian anaknya. namun era era milenial adalah banyak tantangan yang dihadapi oleh muslimah seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manfaat media (islamic podcast) mengenai peran dan tantangan muslimah di era milenial sebagai persiapan menjadi madrasah al ula selain memberikan wawasan tentang peran dan tantangan seorang muslimah, khususnya di era milenial untuk mempersiapkan diri agar suatu saat nanti dapat melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas tetapi juga religius dan berkarakter. Selain itu juga untuk mengetahui penilaian peserta tentang produk yang telah kami buat. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah wanita muslim kaum milenial dari semua kalangan yang belum menikah khususnya. dan mereka yang berasal dari berbagai daerah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner. Pengisian kuesioner digunakan untuk mencari target yang tidak hanya dalam lingkup sekitar rumah, tetapi target umum yang dapat memberikan opini publik umum tentang peran dan tantangan seorang wanita Muslim dalam persiapan untuk menjadi madrasah al ula.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nur Aeni, A., Rosalino, S., Mufidah, H. ., & Zein El Sulthan, R. . (2022). Penggunaan Podcast Mengenai “Peran Dan Tantangan Muslimah Diera Milenial” Menjadi Madrasah Al-Ula. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10685–10697. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4137
Section
Articles of Research

References

Adil Fathi Abdullah, Menjadi Ibu Ideal, (Jakarta: Al-Kautsar, 2005), Hlm.121.

Abdul, M. R. (2020). Ibu Sebagai Madrasah Bagi Anaknya: Pemikiran Pendidikan Ra Kartini. Journal Of Islamic Education Policy, 5(2).

Herfianti, Virta. 2018. Peran Muslimah Di Era Millennial ,Diakses 23 Maret 2022, Dari

Https://Www.Islampos.Com/Peran-Muslimah-Di-Era-Milenial-127176/

Jamil, H. (2018). Peran Wanita Muslimah Dalam Pendidikan Anak Menurut Dr Muhammad Ali Al-Hasyimi (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Nurhayati, N., & Syahrizal, S. (2015). Urgensi Dan Peran Ibu Sebagai Madrasah Al-Ula Dalam Pendidikan Anak. Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 6(2), 153-166.

Parhan, M., & Kurniawan, D. P. D. (2020). Aktualisasi Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dan Utama Bagi Anak Di Era 4.0. Jmie (Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 157.

Pujianti, R. D. (2018). Peran Wanita Dalam Penyiapan Generasi Religious Di Era Milenial Pada Program Sekolah Ibu Salimah Terpadu “Sister” Pengurus Cabang Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kecamatan Ampel Tahun 2018 (Doctoral Dissertation, Iain Salatiga).

Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast Pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Jrpipm), 4(1), 68-78.

Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208-225.

Most read articles by the same author(s)