Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercise untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Siswa di SMPN 03 Sungai Pua

Main Article Content

Desi Anggarini
Alfi Rahmi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya indikasi siswa yang suka menyendiri baik dalam bermain dan enggan berkomunikasi dengan teman-teman lainnya, emosian yang mengakibatkan pertengkaran hingga adu fisik antar siswa, dan terdapat juga siswa yang berkomunikasi dengan guru dengan menggunakan bahasa yang kurang sopan. Tujuan akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas VII3 di SMPN 03 Sugai Pua. Bimbingan kelompok dengan teknik group exercise yaitu diterapkan pada sesi pertengahan pada bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Metode penelitian ini adalah Ekperimen model One Group Pretest Posttest Design. Populasi adalah siswa kelas VII3 di SMPN 03 Sungai Pua yang berjumlah 19 orang, kemudian diambil sampel penelitian yaitu 10 orang siswa yang diambil berdasarkan teknik random sampling. Data diolah dengan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22 menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui hasil uji wilcoxon  Sig p-value  sebesar 0,005 < ? (? =0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji wilcoxon dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial berpengaruh setelah diberikan perlakuan yaitu layanan bimbingan kelompok. Adapun hasil penelitian yang telah diketahui dari hasil nilai uji Z (wilcoxon) menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Dari hasil perhitungan uji wilcoxon  diperoleh nilai signifikan p-value  sebesar 0,005. Berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggarini, D. ., & Rahmi, A. . (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercise untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Siswa di SMPN 03 Sungai Pua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10852–10864. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4148
Section
Articles of Research

References

Andriati, Irna. 2019. Tuntunan Praktis Mempelajari Metodologi Penelitian Pendidikan. Bukittinggi: FTIK IAIN Bukittinggi.

Arvita, Laurentia Dian & Yusi Riksa Yustiana. 2015. Program Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Group Exercises Untuk Meningkatkan Keterampilan Coping Pada Remaja. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran. Vol. 2 No. 3

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Kemendibud. 2016. Panduan Operasonal Penyeenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Dirtjen Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Pamungkas, Dimas Agung. 2017. Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Pesawaran. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol.5 No.6.

Prayitno & Erman Amti. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmadani, Betty., dan Dodi Pasila Putra. 2021. Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Autism Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi, Journal of Multidisciplinary Research and Development, Vol.4 No.1.

Rusmana, Nandang. 2019. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah: Metode, Teknik dan Aplikasi. Bandung: UPI Press.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS). Jakarta: Kencana.

Soekanto, Soejono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar Ed Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhertina. 2014. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Pekanbaru: Mutiara Pesisir Sumatra.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Most read articles by the same author(s)