Pembelajaran Ektrakurikelr Tari Daerah untuk Penanaman Karakter bagi Siswa SD N 17 Kampung Baru

Main Article Content

Karnilawati Karnilawati
Irza Rusni
Desyandri Desyandri
Farida Mayar

Abstract

Penyelenggaraan Pendidikan formal yang dilaksanakan Sekolah dengan tujuan yang telah dijabarkan dalam kurikulum, selain menuntut capaian secara akademik maupun non akademik yakni penanaman karakter yang baik. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan formal bagi generasi pembelajar, merupakan salah satu lembaga yang dapat berperan efektif dalam memberikan penanaman karakter. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah pada pembelajaran  ekstrakurikuler tari. Penelitian dilakukan di SDN 17 Kampung Baru yang fokus pada pembelajaran ekstrakurikuler tari. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pembelajaran non akademik yang dirancang oleh sekolah sebagai tambahan kurikulum sekolah. Salah satu kegitan ekstrakurikuler yang diagendakan oleh SD N 17 Kampung Baru adalah Tari Daerah. Ektra kurikuler ini menjadi salah satu kegiatan di luar jam sekolah yang sangat diminati oleh siswa. Dengan adanya ekstrakurikuler tarian daerah, siswa dapat mengembangan minat serta bakatnya di bidang seni tari. Siswa juga dapat mengenal lebih dekat mengenai kearifan local mengenai tarian daerah Pariaman. Beberapa tari daerah diajarkan dalam kegiatan ini. Masing-masing pesertanya dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tarian yang diajarkan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Karnilawati, K., Rusni, I. ., Desyandri, D., & Mayar, F. . (2022). Pembelajaran Ektrakurikelr Tari Daerah untuk Penanaman Karakter bagi Siswa SD N 17 Kampung Baru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10890–10895. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4158
Section
Articles of Research

References

Ayu Setiawati, D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di SD Negeri Sinduadi 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Fadillah, N. (2017). ENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fajarini, U. V. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Sosio Didaktika, 1(2).

Nadziroh, C. W. (2021). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS III SD N 01 TENGKLIK KABUPATEN KARANGANYAR. Jurnal CERDAS Proklamator, 14–19.

Permendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Mendikbud.

Syofiani. (2020). UDAYA LITERASI MELALUI TEKS DONGENG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SD ISLAM KHAIRA UMMAH. Jurnal CERDAS Proklamator, 110–117.

Vini Wela Septiana, Sekar Harum Pratiwi, F. R. (2021). KORELASI MINAT DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADAPEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal CERDAS Proklamator, 44–52.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>