Pengembangan E-Modul Bisnis Online Berbasis Android guna Menumbuhkan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI BDP di SMK Negeri 10 Surabaya

Authors

  • Dyah Ayu Andini Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Universitas Negeri Surabaya , Indonesia
  • Saino Saino Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Universitas Negeri Surabaya , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4160

Keywords:

E-Modul, Bisnis online, Android, Experiental Learning

Abstract

E-Modul adalah suatu kesatuan bahan pembelajaran dalam satuan Pendidikan yang dapat dipelajari oleh siswa secara mandiri. melalui bahan ajar ini pembelajaran menjadi lebih efektif karena siswa dapat mempelajari materi sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, sehingga siswa akan memahami lebih mendalam saat pembelajaran dengan guru. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui proses pengembangan E-Modul berbasis android dengan pendekatan experiental learning pada mata pelajaran bisnis online; 2) Mengetahui kelayakan E-Modul berbasis android dalam menumbuhkan minat wirausaha siswa SMK kelas XI BDP di SMK Negeri 10 Surabaya; 3)Mengetahui tanggapan siswa terhadap pengembangan E-Modul Bisnis Online berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dengan model pengembangan 4D dari Ibrahim yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Hasil penelitian pengembangan E-Modul Pembelajaran pada mata pelajaran bisnis online berbasis android memperoleh respon positif dari siswa dimana dengan adanya E-modul berbasis Android siswa lebih tertarik membaca dan memahami materi yang ada dalam E-modul. Dan proses validasi oleh para ahli E-modul mendapatkan nilai dengan rata-rata sebesar 86,8% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil presentase ini diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 93%, ahli  grafik sebesar 88% dan ahli Bahasa sebesar 75%. Hasil presentase dari respond peserta didik dalam uji coba sekala kecil sebesar 88%, dan uji coba lapangan dengan nilai 90%

References

Fay, D. L. (1967). Pengaruh Hasil Belajar Kewirausahaan, Need for Achievement, dan Lingkungan Keluarga terhadap Efikasi Diri dan Minat Berwirausaha. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 14–55.

Depdiknas. (2008). Teknik Penyusunan Modul. 1–14.

Aminatun, T., Subali, B., Prihartina, I., Masing, F. A., Dwiyani, A., Nindiasari, T., Sidiq, A., & Luthfi, M. (2016). Pengembangan E-Module Berbasis Android Mobile Materi Ekosistem Lokal Nusa Tenggara untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Snps 2016, 223–230.

Purnami, R. S., & Rohayati, R. (2016). Implementasi Metode Experiential Learning Dalam Pengembangan Softskills Mahasiswa Yang Menunjang Integrasi Teknologi, Manajemen Dan Bisnis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3511

Liesander, I., & Dharmayanti, D. (2017). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening pada …. Jurnal Strategi Pemasaran, 1–13. https://pdfs.semanticscholar.org/33f7/54402a404996356641740db042d5626cb9d6.pdf

Lastri, N., Hamidah, A., & Effendi, M. H. (2019). Pengembangan e-Modul Berbasis Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMP Kelas VII T. Edusains, 8(2), 11–17

Aprileny Hutahaean, L., Siswandari, & Harini. (2019). Pemanfaatan E-Module Iteraktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 1(2018), 298–305. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38744

Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.

Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.

Selibauti, L., & Karim, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Experiential Learning untuk Siswa SMP Kelas VIII. Pena?: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 23–34. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6560

Lubis, E. A., Napitupulu, E., & Nugrahadi, E. W. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Experiential Learning Pada Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(2), 146. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i2.23242

OKTAFIANINGSI, W., Hilali, H. El, & Zulyanty, M. (2021). Deskripsi Faktor Eksternal Penentuan Tingkat Keberhasilan Belajar Matematika (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama …. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/10945%0Ahttp://repository.uinjambi.ac.id/10945/1/208173171 DESKRIPSI FAKTOR EKSTERNAL PENENTUAN TINGKAT KEBERHASILAN BELAJAR MATEMATIKA%28STUDI PADA SISWA SMP NEGERI SATU ATAP 3 SUNGAI BERAS KEC.MENDAHARA ULU KAB.T

Sholihah, F. N., & Hanifa, S. A. (2021). Development of Experiential Learning Discovery Learning Tools through E-learning on Protist Material. 1(2).

Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Lu, U. (2022). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Era New Normal. 7, 309–316.

Mahanani, E., & Sari, B. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Y.a.I. Ikraith-Humaniora, 2(2), 31–40.

Nirtha, E. N., Ismanto, B. I., & Sulasmono, B. S. (2021). LCL Model Experiential Learning based Training Model Development to Improve Teacher Competence in Designing Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(3), 430. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i3.33832

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.

PE_Ferlinda_Pengembangan E-Modul Flipbook.pdf. (n.d.).

Suparman, A. M. (2018). Pedoman Pengembangan Bahan Ajar Interaktif. Universitas Terbuka, 79.

Handayani, T., & Prayitno, B. A. (2016). Pengembangan Modul Experiential Learning Yang Diarahkan Untuk Strategi Think Talk Write Pada Materi Sistem Saraf. Inkuiri, 5(1), 1–8.

Aqil, D. I., Hudaya, A., & Setiawati, N. A. (2021). Pengembangan Modul Bioteknologi Berorientasi Kewirausahaan Guna Meningkatkan Minat Enterpreuner Siswa Sma/Ma. Edusains, 13(1), 15–24. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.15198

Training, C. R., & Asia, N. (n.d.). Prinsip Pengembangan Masyarakat. Networks.

Savitri, C., & . W. (2018). Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Di Ubp Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(1), 93–112. https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i1.241

Permendikbud. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Internatinal Science, 5, 1–238.

Fay, D. L. (1967). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

PTN_Tia_Pengembangan E-Modul Interaktif.pdf. (n.d.).

Haines et al, 2019, goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A., Haines et al, 2019, goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A., Haines et al, 2019, & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Standar Isi Kurikulum. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fadieny, N., & Fauzi, A. (2021). Usefulness of E-module Based on Experiential Learning in Physics Learning. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 25(1), 410. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v25.1.2783

Downloads

Published

10-06-2022

How to Cite

Andini, D. A. ., & Saino, S. (2022). Pengembangan E-Modul Bisnis Online Berbasis Android guna Menumbuhkan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10900–10910. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4160

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check