Peran Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Global Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020

Main Article Content

Muhammad Rifdialdi Arief
Hardiono Afdjani

Abstract

Komunikasi global dapat terjadi ketika ada suatu kejadian atau tragedi yang diperbincangkan oleh banyak orang.  Kemenangan Greysia Poli dan Apriyani Rahayu pada Olimpiade Tokyo 2020 menyebabkan terjadinya komunikasi global Indonesia sebab oleh karena kemenangan itu nama Indonesia mulai diperbincangkan di mancanegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang digunakan adalah berdasarkan fakta yang terjadi di masyarakat dan studi pustaka yang dikaitkan dengan teori yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran media sosial sebagai  terjadinya komunikasi global Indonesia  pada Olimpiade Tokyo 2020. Teori yang di gunakan pada penelitian ini adalah the 7 communication oleh Scott. M. Cutlip yang terdiri dari Credibillity (Kepercayaan), Context (Pertalian/Hubungan), Content (isi), Clarity (Kejelasan), Capabillity of Audience (Kemampuan Pihak Penerima), dan Channels of Distribution (Saluran Penerima Berita) yang kemudian di korelasikan dengan data yang di dapat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arief, M. R. ., & Afdjani, H. . (2022). Peran Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Global Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020 . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10911–10913. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4161
Section
Articles of Research

References

Effendy, Onong Uchjana. “Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek”, (Bandung: PT. Remaja Rosda karya,2007), hlm. 55.

Nasrullah, Rulli. “Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi”,(Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015), hlm. 13.

Purnama, Hadi, “Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication”, (Jakarta : Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana, 2011), Hlm. 110.

Lubis, Murad, Jurnal Ilmiah: “Asean Community dan Dampaknya” (Jakarta: BSI, 2014), Hlm. 3.

Shoelhi, Mohammad, “Komunikasi Internasional Perspekstif Jurnalistik”, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009).

(6) Mukhtar, “Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif”, (Jakarta: Referensi,2013), Hlm. 1.