Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Disiplin Kerja Guru SD Negeri Kecamatan Bagan Sinembah Rokan Hilir

Authors

  • Halisah Halisah Guru SDN 012 Jadi Makmur, Rokan Hilir, Indonesia
  • Caska Caska Prodi Administrasi Pendidikan PPs Universitas Riau, Indonesia
  • Daeng Ayub Natuna Prodi Administrasi Pendidikan PPs Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4166

Keywords:

Konsep Diri, Kecerdasan Interpersonal, Disiplin Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh antara konsep diri terhadap disiplin kerja guru SD Negeri, Kecamatan Bagan sinembah, Rokan Hilir, 2) pengaruh antara kecerdasan interpersonal terhadap disiplin kerja guru SD Negeri, Kecamatan Bagan sinembah, Rokan Hilir, 3) pengaruh antara konsep diri dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru SD Negeri, Kecamatan Bagan sinembah, Rokan Hilir. Populasi dari penelitian ini adalah Guru SD Negeri, Kecamatan Bagan sinembah, Rokan Hilir yang berjumlah 134 orang dan semua diteliti. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder untuk yang diperoleh dari guru dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengolahan data untuk analisis statistik deskriptif dalam penelitian ini menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS versi 23 for Windows.  Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa (1) pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel konsep diri  terhadap disiplin kerja guru (Y) SD Negeri, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir, dengan tafsiran cukup kuat, (2) Didapatkan pengaruh yang signifikan dan positif antara kecerdasan interpersonal terhadap disiplin kerja guru (Y) SD Negeri, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir, dan dengan tafsiran cukup tinggi, (3) Ditemukan pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel konsep diri  dan kecerdasan interpersonal terhadap disiplin kerja guru (Y) SD Negeri, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir, dengan tafsiran cukup tinggi.

References

Dahlia dan Suyadi.2015. Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. PT Remaja Rosda karya. Bandung.

Fitri Oviyanti. 2017. Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib, Vol. III, No.1, Juni 2017.

Majdi, M., & Ichsan, A. S. 2019. Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 1 MI dalam Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(3), 264-272.

Rahayu, A. 2018. Hubungan dukungan sosial dan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja kelas X SMA Angkasa I Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 75-81.

Rochmahwati, P., & Afifah, M. 2018. Kecerdasan Interpersonal, Intrapersonal Dan Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Ponorogo. Muslim Heritage, 3(2), 239-262.

Sari, N. S., Febrialismanto, F., & Solfiah, Y. 2019. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Yayasan Permata Bunda Tk Pertiwi Airmolek. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1571-1581.

Sastrohadiwiryo, Bejo Siswanto. 2015. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrative dan Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.

Siswanto. 2015. Pengaruh Kompensasi terhadap Motivasi dan Dampaknya terhadap Kinerja Dosen (Studi Kasus Dosen Tetap Fakultas Ekonomi di Beberapa PTS Kediri). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Malang.

Sudarto, dkk. (2009). “Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Westfalia Indonesia”. Jurnal Keungan dan Bisnis. Volume 1 Nomor 2.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suyeti Nilasari. 2020. Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0 Terhadap Disiplin Kerja Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Downloads

Published

10-06-2022

How to Cite

Halisah, H., Caska, C., & Natuna, D. A. . (2022). Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Disiplin Kerja Guru SD Negeri Kecamatan Bagan Sinembah Rokan Hilir . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10941–10950. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4166

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check