Pengembangan Media Interaktif Spin Game dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Pemimpin dalam Islam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4171Keywords:
Pengembangan, Media Interaktif, Spin GameAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan media interaktif berbasis Powerpoint Spin Game, sehingga media ini bisa digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Data yang diperoleh didapat dari angket yang diberikan kepada guru bidang studi agama Islam dan 16 siswa sekolah dasar SDN 4 Wates Yogyakarta. Angket yang diperoleh dijadikan sebagai bahan analisis, metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Menurut guru bidang studi, media ini sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran, namun diperlukannya lagi revisi sedikit pada kedalaman materi. Berdasarkan hasil uji coba kepada 16 siswa yang dilakukan secara daring ini dianggap sudah menarik perhatian, minat, motivasi dan membantu siswa dalam memahami materi.
References
Satriawan, N. (2022, - -). Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli, Tujuan Dan Ciri-Cirinya. Retrieved From Ranahresearch: Https://Ranahresearch.Com/Pengertian-Penelitian-Pengembangan-Menurut-Ahli/
Saufi, I. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 55-59
Hariyati, E. W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Question Pada Kompetensi Dasar Kerja Sama Ekonomi Internasional Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Porong. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 310-315
Irfan, I. M. (2019). Pengembangan Media Pembelejaran Ipa Berbasis Powerpoint Dii Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of Primary, 16-27
Zuhro, I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Materi Perilaku Terpuji Di Mi Miftahul Hidayah Glundengan, Wuluhan, Jember. Pesat, 26–42
Sugiyarto, U. S. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 118-123.
Anyan, A. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. Journal Education And Technology , 1(1), 14-20
Prayitno, P. &. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. Must: Journal Of Mathematics Education, Science And Technology, 171-181
Surahmi, Y. D. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Mengelola Pembelajaran Terpadu Pada Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendas, 135-146
Dewi, W. P (2022). Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Guru. Jurnal Cakrawala Pendas, 82 - 93
Khasanah, F. N. (2021). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada Sman 14 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (Jucosco), 42-52
Wahyuni, S. R. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 597-602
Suhernawati, N. M. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Ambulu. Journal Of Education Technology And Inovation, 40-50
Wahyujati, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Sekiolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Media Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ms Power Point. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). 94-99
Anggraini, P. &. (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. Paud Teratai, 1–6.
Hamzah, H. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 77-81
Ulya, A. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4d Pada Materi Pelajaran Alat Panca Indera. Diambil Kembali Dari Lib.Unnes.Ac.Id: Http://Lib.Unnes.Ac.Id/33339/1/1102414114_Optimized.Pdf
M. A, I. (2017 September 26). Bab Iii Metode Penelitian. Pengembangan Media Pembelajaran Culture View Virtual Reality Untuk Mata Pelajaran Ips Pada Pokok Bahasan Keragam Etnik Dan Budaya. Diambil Kembali Dari Repository.Upi.Edu : Http://Repository.Upi.Edu/32053
Muthoharoh, M. (2019). Media Powerpoint Dalam Pembelajaran. Diambil Kembali Dari Tasyri' Jurnal Tarbiyah-Syariah Islamiyah,.
Pendidikan, L. (2021 Juni 17). Pengertian Media Pembelajaran, Contoh Dan Manfaatnya Untuk Sekolah. Diambil Kembali Dari Pintek.Id : Https://Pintek.Id/Blog/Media-Pembelajaran/
Warkintin, W. &. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cd Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 82-92. Diambil Kembali Dari Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
D17mustapa149. (2019 Oktober 14). Manfaat Power Point | Bagi Pendidikan, Layanan Umum Dan Perusahaan. Diambil Kembali Dari Mustblog.Com : Https://D17mustafa149.Blogspot.Com/2019/10/Manfaat-Powerpoint.Html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Mutiara Dwi Nawangwulan, Ratna Niken Anggraeni, Ani Nur Aeni, Khoridatul Bahiyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).