Analisis dan Potensi Komoditi Unggulan Perkebunan Provinsi Riau (An Analysis and Potential of Leading Commodities of The Riau Province)

Authors

  • Eka Nurtia Luluk Anggraini Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Indonesia
  • Almasdi Syahza Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Indonesia
  • Rm Riadi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4189

Keywords:

Komoditi, Perkebunan, LQ, Shift Share

Abstract

Pengoptimalan potensi subsektor Perkebunan dapat dilakukan dengan penentuan prioritas pengembangan subsektor yang menjadi basis di Provinsi Riau.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis subsektor Perkebunan di masing-masing kabupaten di Provinsi Riau. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif.Metode pengambilan daerah penelitian dilakukan secara purposive. Data yangdigunakan adalah data sekunder yang meliputi PDRB di Provinsi Riau tahun 2015-2019.Metode analisis data yang digunakan yaitu LQ dan analisis Shift Share. Hasil analisis LQ mengungkapkan bahwa sektor pertanian menjadi sektor basis di Provinsi Riau. Sub sektor pertanian yang menjadi sub sektor basis adalah subsektor Perkebunan.Peran penting yang dimiliki sektor pertanian terhadap perekonomian telah terjadi transformasi struktur ekonomi. Analisis shift share untuk subsektor Perkebunan unggulan pada tiap-tiap Kabupaten menunjukkan hasil yang berbeda-beda ada yang positif ada pula yang nilainya negatif yang pastinya di pengaruhi banyak faktor seperti keadaan alam, kultur masyarakat, dll yang berarti bahwa sektor-sektor tersebut memiliki keunggulan kompetitif dan berdaya saing untuk dikembangkan, sekaligus hal ini menggambarkan arah kebijakan pemerintah dalam mengembangkan sektor ekonomi.

References

Hidayah. N. Dkk. 2016. Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit Dan Perubahan Sosial Ekologi Pedesaan.Jurnal Sosiologi PedesaanVol1 no1.

Irawan, B., B. Winarso, I. Sadikin, dan G. S. Hardono. 2003. Analisis Faktor Penyebab Pelambatan Produksi Komoditas Tanaman Utama. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor.

Khaswarina.S.Eliza2018 Analisis Keberlanjutan Perkebunan Karet DiPulau Sarak Kabupaten Kampar Riau.Vol.20,No.1.

Nurjayanti,E.D., & Subekti, E.2017. Identifikasi Potensi Komoditi Tanaman Pangan dalam Mendukung Ketahanan Pangan di Kabupaten Semarang. Ilmu-Ilmu Pertanian, 13(1),61–67. Publikasi ilmiah.unwahas.ac.id

Rahadi, F dan Hartono, R. 2003. Agribisnis Peternakan. Penebar Swadaya, Jakarta. Ramadhani, G., & Yulhendri, Y.2019. Analisis Komoditi Unggulan di Kabupaten Solok. Jurnal Ecogen,vol2.

Rum,M.,Tamami,N.D.B.,&Triyasari,S.R.(2020). Daya Saing dan Dampak Kebijakan Pemerintah terhadap Komoditas Jagung Hibrida Unggul Madura. JASE:Journal of Agricultural Socio- Economics,1.

Sambodo, M.T., 2002. Analisis Sektor Unggulan Propinsi Kalimantan Barat.

Safitri, N. A., Dewanti, A. N., & Ulimaz, M. 2020. Analisis Komoditas Unggulan pada Kawasan Subsektor Perkebunan di Kecamatan Balikpapan Timur. Planologi,17(2).

Salakory, H.S.M., &Matulessy, F.S.2020. Analisis Shift – Share Terhadap Perekonomian KotaSorong. Ilmu Matematika Dan Terapan,14(4).

Setianto,P.,& Susilowati, I.2014. Komoditas Perkebunan Unggulan yang Berbasis pada Pengembangan Wilayah Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan,2 (2).

Siregar, I. N. P. 2018. Analisis Peran Sektor Perkebunan terhadap PerekonomianSumateraUtara.EkonomiPendidikan,6(4)

SyahzaA.2011.PercepatanEkonomiPedesaanMelaluiPembangunanPerkebunanKelapaSawit.JurnalEkonomiPembangunanVol12.No2.

Syahza. A. dkk. 2013. Potential Oil Palm Industr DevelopmentinRiau.InternationalResearchJournalofBusinessStudies vol.VIno.02

Syahza A. Dkk 2020 Potential Development of Leading Commodities in Efforts to Accelerate Rural Economic Development in Coastal Areas Riau, Indonesia.Journal of Applied Sciences.VoI 1no.01

Syahza,A2021MetodologiPenelitian,EdisiRevisi.UnriPress,Pekanbaru.Sugiyono.2019.MetodePenelitianKuantitatif,KualitatifR&D.Bandung:Alfabeta.

Usya, N. 2006. Analisis Struktur Ekonomi dan Identifikasi Sektor Unggulan di KabupatenSubang [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Tesis ini dierbitkan Bogor, Institut Pertanian Bogor.

WidhanaK. dkk. 2019. Analisis Komoditi Basis Subsektor Tanaman Perkebunan di Kabupaten Parigi Moutong. Jurnale-J. Agrotekbis vol 7.N

Downloads

Published

30-05-2022

How to Cite

Luluk Anggraini, E. N. ., Syahza, A. ., & Riadi, R. . (2022). Analisis dan Potensi Komoditi Unggulan Perkebunan Provinsi Riau (An Analysis and Potential of Leading Commodities of The Riau Province). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11057–11066. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4189

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check