ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Rahmi Fitria Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.42

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosoal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan  masalah matematis siswa pada materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya  kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil  ulangan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs PP Darul Fatah sebanyak 3 orang yang terdiri dari siswa berkemampuan rendah,  sedang dan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode survei, wawancara dengan guru-guru matematika dan tes. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis diperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah  matematis adalah sebagai berikut : 1) kemampuan pemecahan masalah SR kurang baik karena masih banyak indikator pemecahan masalah yang belum terpenuhi. 2) kemampuan pemecahan masalah SS sudah tergolong baik. Karena sebagian besar dari indikator pemecahan masalah sudah terpenuhi. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah ST sudah sangat baik. Karena semua indikator pemecahan masalah sudah terpenuhi.

References

Abidin, Zaenal. (2008). Meningkatkan Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan HAsil Belajar Siswa Kelas IV SD melalui Pembelajaran MatematikaRealistik dengan Strategi Kooperatif. Disertasi S3 UPI.
Fahmi, R. Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII-A MTs Muhammadiyah 6 Karanganyar dalam menyelesaikan soal bangun datar.
Fauzan, A, Sari, S, dan Elniati, S. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No.2, hal 54-59.
Herlawa, (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII melalui penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika vol. 3 no. 1, pp. 33–38, Maret 2017
Julian, A. (2014). kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model cooverative script. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 2. No.3 Oktober 2014.
Mawaddah, S. & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.
Minarni, A. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Makalah di presentasikan dalam Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Kontribusi Pendidikan Matematika dan matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa” 10 November 2012.
Rohmah, N & Khabibah, S. 2014. Profil Komunikasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif dan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 121-130.
Sa’dijah, C. (2007). Sikap Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Perempuan dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika Konstrukstivisme. Jurnal MIPA. 36(2), 133-146.
Sugiman, (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP : Problematika dan cara melatihnya. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA
Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol.2. No.1. januari 2016
Yunarni, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika didwa kelas VII SMPN Pangkajene. Jurnal Mosharafa Vol.7. No.1 Januari 2018. ISSN2527-8827

Downloads

Published

20-06-2018

How to Cite

Fitria, R. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 786–792. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.42

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check