Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar

Authors

  • Arespi Junindra Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Hasanatul Fitri Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Desyandri Desyandri Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Irda Murni Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4204

Keywords:

Peran Gur, Perilaku Bullying, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam membangun sebuah bangsa yang besar dan maju. Pendidikan perlu diprogramkan dengan terencana agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal dan perlu kerja sama antara semua pihak termasuk guru sebagai pelaksana pembelajaran termasuk pendidikan karakter. Dengan adanya pendidikan karakter maka siswa tidak hanya cerdas pengetahuan tetapi juga akan menjadi cerdas emosionalnya. Sehingga ketika adanya permasalahan dapat diselesaikan dengan bijaksana tanpa menyakiti dirinya ataupun orang lain. Namun, saat ini pendidikan karakter sudah mulai menurun seperti maraknya bullying di sekolah dasar. Bullying merupakan bentuk tindakan yang agresif, kekerasan, menyakiti orang lain yang dilakukan secara terus menerus. Penyebabnya beragam, mulai dari lingkungan keluarga yang selalu bertengkar, tontonan yang kurang mendidik, lingkungan masyrakat yang kurang ramah anak bahkan guru yang masih belum totalitas memahami cara mengatasi perilaku bullying di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru terhadap perilaku bullying di sekolah dasar. Metode Penelitian ini adalah penelitian studi literatur dengan pengumpulan data menggunakan bacaan jurnal-jurnal, kajian pustaka relevan, membaca dan mencatat serta mengelolah bahan penelitian terdahulu. Berdasarkan penelitian terdahulu yang telah dikaji dari 30 jurnal relevan mengemukakan bahwa peran guru untuk mengatasi bullying caranya bervariasi antara masing-masing guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat berperan penting dalam mengantisipasi kasus bullying di sekolah dasar yaitu dengan membimbing, menasehati, mengarahkan, membina dan memberikan contoh sikap yang baik di sekolah.

References

Adiyono dkk (2022) ‘PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING’, Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), pp. 649–658.

Alawiyah, M. dan A. B. (2018) ‘PERAN GURU DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP TINDAKAN BULLYING SISWA SEKOLAH DASAR’, Joyful Learning Journal, 7(2), pp. 78–86.

Aminullah, M. (2021) ‘Guru Sebagai Profesi’, PUBLIKASI PEMBELAJARAN, 1(2), pp. 48–53.

Dewi, P. Y. A. (2020) ‘Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar’, Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 39–48.

Dhani, L. E. (2013) Pemahaman Pendidik Terhadap Pengajaran Membaca Anak Usia Dini (Studi Fenomenologi Tentang Peran Pendidik di Sekolah Internasional Apple Tree Preschool Surabaya), Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Fitriawan Arif Firmansyah (2021) ‘Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar’, Jurnal Al Husna, 2(3), pp. 205–216.

Hartika Sari Butar Butar, Y. K. (2022) ‘Persepsi Pelaku Terhadap Bullying dan Humor’, Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).

Musa, M. I. (2016) ‘Pengembangan kompetensi guru terhadap pelaksanaan tugas dalam mewujudkan tenaga guru yang profesional’, Jurnal Pesona Dasar, 2(4).

Nahrul Faidin (2019) ‘Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri I Palibelo’, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Niyarci, N. (2022) ‘Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara’, Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), pp. 46–55.

Ramadhanti dan Muhamad Taufik Hidayat (2022) ‘Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(3), pp. 4566–4573.

Septiyuni, D. A., Budimansyah, D., & Wilodati, W. (2015) ‘Pengaruh kelompok teman sebaya (peer group) terhadap perilaku bullying siswa di sekolah’, SOSIETAS, 5(1).

Simfoni-PPA (2022) Peta Sebaran Jumlah Kasus Kekerasan Menurut Provinsi, https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan.

Sistem Pendidikan Nasional (2003) UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 39.

Suhendri, M. D., Syahfitri, D., & Mchtar, M. (2022) ‘Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MTS Swasta Islamiyah Al-Falah Pangkalan Brandan’, Khazanah: Journal of Islamic Studies, pp. 1–12.

Tanjung, M. (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengaktualisasikan Nilai-nilai Karakter di SD IT Nur Ihsan Medan. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Taufiq Ismail (2019) ‘PENTINGNYA PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH’, Prosiding Seminar Nasional PGSD, 27 April 2019.

Downloads

Published

12-06-2022

How to Cite

Junindra, A. ., Fitri, H. ., Desyandri, D., & Murni, I. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133–11138. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4204

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check