Konsep Kepemimpinan Demokratis dalam Membuat Keputusan di Lingkungan Sekolah

Main Article Content

Dea Mustika
Aprilla Anggraini
Adisya Elfira Hadi
Denisa Novri Yulanda
Eka Setianingsih
Meylanda Gustina Sari
T. Rika Zuliyanti
Nuzul Syahril Ramadhan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi kepemimpinan pendidikan demokrasi di sekitar sekolah. Seorang pemimpin harus mampu mempengaruhi, mengkoordinasikan, dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan atau sekolah secara efektif dan efisien. Kepemimpinan demokratis adalah orang-orang yang berorientasi dan memberikan bimbingan yang efisien kepada bawahannya. Kepemimpinan yang demokratis akan menghargai potensi setiap individu, mau mendengarkan saran dan saran bawahan. Di lingkungan sekolah membutuhkan kepemimpinan yang peduli dan berpikiran terbuka kepada dewan guru. Penelitian ini dilakukan sebagai penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif dengan menerapkan fenomenologi untuk menganalisis fenomena di sekitar lembaga sekolah. Pemimpin yang memiliki tipe kepemimpinan demokratis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekolah. Agar tujuan sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, diperlukan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Konsep kepemimpinan demokratis adalah pemimpin yang mau mendelegasikan sebagian wewenang kepada bawahan, kebijakan dan keputusan dibuat bersama antara bawahan dan pemimpin, pemimpin akan memperhatikan dalam bertindak dan bertindak untuk menciptakan rasa saling percaya dan selalu menghargai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mustika, D. ., Anggraini, A. ., Hadi, A. E. ., Yulanda, D. N. ., Setianingsih, E. ., Sari, M. G. ., Zuliyanti, T. R., & Ramadhan, N. S. . (2022). Konsep Kepemimpinan Demokratis dalam Membuat Keputusan di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11139–11142. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4205
Section
Articles of Research

References

Akbar, N. 2017. Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah. Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah Vol. 05, No. 09. (Online) (https://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/alhiwar/article/view/1883 diakses Tanggal 25 Mei 2022)

Danang Rizky P, dkk. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembuatan Keputusan. Volume 3 Nomor 1. Malang: Universitas Negeri

Hendiyat, Soetopo. 1982. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Malang: BinaAksara

Kusmanto, B. 2013. Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Berbasis Ketamansiswaan. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume: 8. 2013.

Mattayang, B. 2019. Tipe dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA: Jurnal Of Economic, Management and Accounting Vol. 2, No. 2. (Online) (https://www.ojs.unanda.ac.id/index.php/jemma/article/view/247 diakses Tanggal 25 Mei 2022)

Nasution, Wahyudin. (2015). Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, Vol. 22 (1)

Soemanto, Wasty. 1982. Kepemimpinan Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.