Pengaruh Promosi Online Kelompok Referensi dan Kemudahan Aplikasi terhadap Keputusan Pembelian Game Online di Kota Ambon

Authors

  • Erlinda Tehuayo Jurusan Manjemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon, Indonesia, Indonesia
  • Silfiena Siahainenia Jurusan Manjemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon, Indonesia, Indonesia
  • Abdul Hafid Marsulam Jurusan Manjemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4234

Keywords:

Promosi Online, Kelompok Referensi, Kemudahan Aplikasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi Online Kelompok Referensi dan Kemudahan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Game Online di Kota Ambon. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah game online mobile legends : bang-bang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna game online mobile legends : bang-bang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data adalah pengguna yang berumur 17 sampai 55 tahun, berdomisili di kota ambon, minimal pengunaan pada game online moblie legend : bang-bang adalah 3 bulan lamanya. Jenis data penlitian yang digunakan kuantitatif dan kualitatif sedangkan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan teknik skala likert. Data yang peroleh dianalisis menggunakan PLS-SEM, dengan bantuan aplikasi Smart-PLS ver. 3.3.3. data yang diperoleh dianalisis dalam model pengukuran (outer model) dan model stryktural (inner model). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai original sampel dari promosi online sebesar 0.345 dengan p (value) 0.002 < 0.05 dan nilai T-Statistik dari promosi online terhadap keputusan pembelian adalah 2.992>  1.96 hal ini berarti H1 diterima sehingga dapat di katakan promosi online berpengaruh positif dan signifikan. Kemudian nilai original sampel dari kelompok referensi sebesar 0.416 dengan p (value) 0.002 < 0.05 dan nilai T-Statistik dari kelompok referensi terhadap keputusan pembelian adalah 2.829 > 1.96 hal ini berarti H2 diterima sehingga dapat di katakan kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan. Dan nilai original sampel dari kemudahan aplikasi sebesar 0.272 dengan p (value) 0.023 < 0.05 dan nilai T-Statistik dari kemudahan aplikasi terhadap keputusan pembelian adalah 2.002 > 1.96 hal ini berarti H3 diterima sehingga dapat di katakan kemudahan aplikasi berpengaruh positif dan signifikan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Alfisyahrin, G. (2019). Pengaruh Ease of Use, E-Trust Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Pada Tokopedia Oleh Masyarakat Kota Pekanbaru.

Basu Swastha, 2002, Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern, Jakarta : Liberty.

Hanyda, M. I. (2020). Pengaruh Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Sistem E-Commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Santri Pondok Pesantren Al Barokah).

Jamaludin, A. (2015). PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 21(1), 85820.

Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran. 12th ed.

Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A. (2014). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–12.

MUHAMMAR. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Pt. Guteninc Makassar. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–84.

Pratama, M. A. N., Mahasiswa, S., Tata, P., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2017). Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( JPTN ) ISSN?: 2337-6708 Volume 03 Nomor 03 Tahun 2017 Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Raket Pada Pemain Di Kabupaten Lamongan Abstrak Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Referen. 03.

Internet: Data Game Online Terlaris di Indonesia tahun 2020 pada alamat https://www.katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a551317495/10-game-terlaris-di-indonesia yang diakses pada bulan oktober 2021

Internet: Data Komunitas Game Online di Media Sosial Kota Ambon tahun 2020 pada alamat https://www.esportsnesia.com/category/game/mobile-legends/komunitas-game-online-kota-ambon yang diakses pada bulan oktober 2021

Internet: Perbedaan Kemudahan Aplikasi Antara Game Online PUBG Mobile Dan Mobile Legends: Bang-bang pada alamat https://esportsku.com/amp/perbedaan-aplikasi-pubg-dan-mobile-legends yang diakses pada bulan oktober 2021

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung.

Downloads

Published

13-06-2022

How to Cite

Tehuayo, E. ., Siahainenia, S. ., & Marsulam, A. H. . (2022). Pengaruh Promosi Online Kelompok Referensi dan Kemudahan Aplikasi terhadap Keputusan Pembelian Game Online di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11306–11316. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4234

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check