Pelaksanaan Program DEA Oleh BPSDMP Kominfo untuk Meningkatkan UMKM di Kota Manado

Authors

  • Irma Djanapa Bulow Balai Diklat Keagamaan Kota Manado Indonesia, Indonesia
  • Yongker Baali Program Studi Manajemen Universitas Trinita Manado Indonesia, Indonesia
  • Thofan Rame Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Trinita Manado Indonesia, Indonesia
  • Harmen Fernando Sembel Program Studi Manajemen Universitas Trinita Manado Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4246

Keywords:

Program, DEA, UMKM

Abstract

Wirausaha yang mendayagunakan semua sumber daya kreatif dan inovatif, menjadikan Usaha siap menghadapi tantangan krisis global. Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah dengan Program Digital Entrepreneurship Academy yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika Kota Manado sebagai kontribusi untuk melakukan pendampingan dan pengembangan bisnis yang diimplementasikan oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Tujuan penelitian ini adalah melihat program kegiatan yang dilakukan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika dalam membantu dan memberikan strategi pengembangan yang tepat pada pemulihan serta peningkatan kemampuan pelaku UMKM di Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis pelaksanaan Program DEA bagi UMKM di kota Manado. Program DEA dilakukan oleh BPSDMP Kominfo Kota Manado dengan melaksanakan pelatihan agar target yang sudah ditetapkan bisa tercapai. Sekalipun masih terdapat beberapa kendala yang disebabkan oleh bebrapa faktor diantaranya adalah keterbatasan anggaran dan keterbatasan tenaga pengajar. Namun beberapa pelaku UMKM mengatakan bahwa pelatihan dari BPSDMP Kominfo sangat membantu mereka untuk menguasai dan mengetahui sistem Digital Marketing yang membantu mereka dalam menjalankan usaha pada situasi Covid-19. Pelaku UMKM juga merasa puas dengan pelaksanaan program DEA yang dilaksanakan oleh BPSDMP Kominfo, karena mereka telah dibekali dengan keterampilan digital marketing dalam menghadapi era 4.0. Pelaksanaan program DEA sudah menetapkan standar waktu, karena pelatihan dan pengarahan diberikan sudah sesuai yang dijadwalkan. Saat  melakukan pendaftaran peserta sudah diberikan rundown acara dari panitia penyelenggara dan kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari sudah diinformasikan terlebih dahulu beserta sesi-sesi materi yang akan disampaikan dan juga perlengkapan-perlengkapan yang harus disiapkan oleh peserta seperti: laptop/hp yang bisa dikoneksikan dengan internet, alat tulis menulis dan lain-lain, sehingga semua peserta pelatihan sudah mempersiapkan diri dengan baik. Peserta mengharapkan pelaksanaan kegiatan ini bukan hanya sekedar memberikan pelatihan tapi bisa lebih lanjut untuk melaksanakan pendampingan bagi mereka sebagai pelaku UMKM di Kota Manado.

References

Elfina, Chairunisa. (2020). Strategi Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi NTB Dalam Pengembangan Sektor Usaha Kecil Dan Menengah. Mataram: Universitas Muhammadyah.

Fachri, Djaman. (2019). Dorong UMKM Melek Literasi Keuagan. Diskop.

Harbani, Pasolong. (2019). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Memasuki Reformasi Birokrasi (Pemilihan atau keharusan). Makassar: STIA LAN.

Hasuri, Waseh. (2017). Manajemen Strategi Dinas Koperasi, Perindustrian, Dan Perdagangan Dalam Mendorong Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Serang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Hermita, Sahban. (2015). Menembus Badai UMKM. Bandung: Media Editor.

Kanaidi. (2016). Koperasi dan UMKM Tantangan dalam Menumpuhkan Jiwa.

Karya, Bandung. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PRosdakarya

Lincolin, Arsyad. (2011). Ekonomi Pembangunan. Ghalia Indonesia: Analisis Empiris.

Moleong, Lexy. (1996). Meteodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosada.

Muh, Budi. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. Universigtas Pemulang Tangerang.

Sasongko, Wahyu. (2016). Strategi Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Jombang Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Untuk Menghadapi Asean Economic Community. Makassar. Penerbit: Bisnis. com

Setiawan. (2017). Strategi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Perindustrian dan perdagangan dalam pengembangan Usaha Mikro di Kabupaten Bintan. Tanjung Pinang : Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Deskriptif. R&D. Bandung: AlfabeUU RI No. 6 tahun 2014, Nomor 6Tahun 2014 tentang penyelenggaraan urusan kepemerintahan dan kepentingan masyarakat. UUD 1945 pasal 1 Tentang UMKM.Karya, Bandung. - 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PRosdakarya

Downloads

Published

14-06-2022

How to Cite

Bulow, I. D., Baali , Y. ., Rame, T. ., & Sembel, H. F. . (2022). Pelaksanaan Program DEA Oleh BPSDMP Kominfo untuk Meningkatkan UMKM di Kota Manado. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11379–11386. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4246

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check