Peranan Indonesia dalam Penyelesaian Sengketa Perdagangan Internasional

Main Article Content

Marietta F. J. Simanjuntak

Abstract

Pengkajian ini ditujukan untuk mengetahui Pernanan Indonesia Dalam Penyelesaian Sengketa Perdagangan Internasional. Hubungan sesama bangsa adalah suatu asas terdapatnya hubungan perdagangan tersebut. Hubungan antar bangsa dinamakan hubungan internasional, ialah korealsi individu antar negara dengan individual ataupun berkelompok, dilaksanakan dengan langsung ataupun tidak langsung serta bisa berbentuk persahabatan, perebutan, pertengkaran maupun perlawanan. Pada penjalanan sistem ekonomi bangsa serta global harusnya seluruh perihal yang memiliki kepentingan menjadi satu dengan bersamaan guna memberikan peningkatan kemakmuran penududuk pada bangsanya ataupun dengan global. Seluruh pelaku hukum ialah pada perihal tersebut bangsa haruslah taat pada kebijakan yang terdapat, kebijakan yang sudah tersedia tidaklah diperbolehkan untuk dilanggar. Penelitian ini memakai studi Pustaka Peneltian kepustakaan adalah pengkajian hukum normative yang dilakukan melalui studi Pustaka pada bahan pengkajian. Pemerolehan pendataan dilaksanakan melalui cara memahami pendataan yang ada pada buku ataupun rujukan, karya ilmiah, dokumentasi, serta kebijakan dan referensi-referensi yang lain. Untuk menelusuri pendataan dilaksanakan melalui rangkaian aktivitas semisal membaca, mengamati serta menelusi situs-situs. Setelah itu mengulas bahan kepustakaan yang berhubungan pada problematika yang dikaji.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Simanjuntak, M. F. J. . (2022). Peranan Indonesia dalam Penyelesaian Sengketa Perdagangan Internasional. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11473–11480. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4265
Section
Articles of Research

References

Huala Adolf, Hukum Perdagangan Internasional : Prinsip-Prinsip dan Konsepsi Dasar, Jakarta PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

H.S.Kartadjoemana, GATT dan WTO Sistem Forum dan Lembaga Internasional di Bidang perdagangan, Jakarta : Universitas Indonesia, 2002.

Ali, Muhammad. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, (Jakarta: Pustaka Amani,2006)

Jackson, Robert, dan George Sorensen, Pengantar Studi Hubungan Internasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Syahmin, AK, Hukum Dagang Internasional 1, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Hatta. 2006. Perdagangan Internasional Dalam Sistem GATT dan WTO-Aspek-Aspek Hukum dan Non Hukum. Bandung. Refika Aditam

Kartadjoemen HS, Substansi Perjanjian GATT/WTO dan Mekanisme Penyelesaian Sengketa, UI Press, Jakarta, 2007