Implementasi Cash Manajemen System (CMS) Perbankan oleh Pejabat Perbendaharaan pada Satuan Kerja Pengelola APBN (Studi pada Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek)

Authors

  • I Dewa Gede Sayang Adi Yadnya APK APBN pada Kemendikbudristek, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4268

Keywords:

Cash Manajemen System (CMS), Perbankan, APBN, Ditjen Diktiristek

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan personel cash management system (CMS) bank yang melayani unit keuangan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan layanan CMS oleh Pejabat Perbendaharaan pada satuan kerja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data kualitatif, yang dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh melalui studi pustaka ialah sumber yang tersedia secara online dan offline, seperti jurnal ilmiah, buku, dan berita dari sumber terpercaya. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa penerapan Cash Management System (CMS) meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara. Transaksi pembayaran satuan kerja dapat dilakukan oleh pejabat perbendaharaan dari mana saja sesuai dengan kewenangannya didukung dengan sistem pengamanan transaksi perbankan yang memadai. Penerapan cash management system (CMS) dapat membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih efisien dari segi waktu, akses dan biaya.

References

Adrian, Y. P. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Promosi Online, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah (Studi kasus wilayah DKI Jakarta). Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta.

Anindita, G., & Santoso, F. I. (2022). Implementasi Cash Management System (CMS) dalam belanja daerah di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 4, 420–425.

Firmansyah, H. (2021). Bab 1 Mengenal Bank Syariah. Teori Dan Praktik Manajemen Bank Syariah Indonesia, 2.

Giavinny, G., & Ugut, G. S. (2022). Pengaruh Kualitas Penerapan Good Corporate Governance dan Risiko Kredit terhadap Profitabilitas Perbankan Asing di Indonesia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2212–2219.

Ginantra, N. L. W. S. R., Simarmata, J., Purba, R. A., Tojiri, M. Y., Duwila, A. A., Siregar, M. N. H., Nainggolan, L. E., Marit, E. L., Sudirman, A., & Siswanti, I. (2020). Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

HENDRA, R. (2022). Pengaruh Penganggaran Dan Pengelolaan Dana Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Peningkatan Citra Bank Syariah (Studi Pada Bni Syariah). Uin Raden Intan Lampung.

Saputri, A. D. B., & Indrawati, L. R. (2020). Penerapan Cash Management System Dalam Bidang Program Dan Keuangan Balitbang Kota Magelang. Jurnal Paradigma Multidisipliner (JPM), 1(3).

Sari, I. (2020). Analisis Penerapan Cash Management System Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Di Pik Pulogadung. Jurnal Perspektif, 18(1), 1–8.

Septiani, S., & Kusumastuti, E. (2019). Penerapan Transaksi Non Tunai Dalam Pelaksanaan Belanja Pemerintah Daerah Untuk Mewujudkan Prinsip Good Governance (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat). Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 1171–1181.

Solong, H. A. (2020). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Menunjang Kinerja Aparatur Berkualitas. Deepublish.

Sudarmanto, E., Mawati, A. T., Nugraha, N. A., Purba, P. B., Komariyah, I., Purba, S., Tojiri, M. Y., Tjiptadi, D. D., Ashoer, M., & Silalahi, M. (2020). Manajemen Sektor Publik. Yayasan Kita Menulis.

Zain, I., & Akbar, Y. R. (2020). Bank dan lembaga keuangan lainnya. Deepublish.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 230/PMK.05/2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 162/PMK. 05/2013 Tentang Kedudukan Dan Tanggung Jawab Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelola Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 178/PMK.05/2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 Tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 183 /PMK.05/2019 Tentang Pengelolaan Rekening Pengeluaran Milik Kementerian Negara/Lembaga

Downloads

Published

15-06-2022

How to Cite

Adi Yadnya, I. D. G. S. . (2022). Implementasi Cash Manajemen System (CMS) Perbankan oleh Pejabat Perbendaharaan pada Satuan Kerja Pengelola APBN (Studi pada Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek) . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11511–11517. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4268

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check