Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Karakter Religius melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 11 Barulak

Main Article Content

Lelis Suryani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan karakter religius melalui supervisi akademik di SD Negeri 11 Barulak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan melalui dua siklus. Langkah-langkah dalam siklus PTS terdiri dari empat rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi siklus pertama dijadikan bahan untuk dilanjutkan ke siklus kedua. Subjek penelitian ini adalah guru-guru di SD Negeri 11 Barulak. Data dikumpulkan menggunakan instrumen supervisi, lembar observasi, dan dokumentasi. Dari temuan pelaksanaan tindakan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II, yang kemudian dibandingkan dengan kondisi awal terlihat bahwa terdapat peningkatan dari 73,2 pada awal kegiatan dan setelah siklus I, menjadi 90,2 setelah siklus II. Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh peneliti terhadap tujuh orang guru kelas tersebut, berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan karakter religius di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suryani, L. . (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Karakter Religius melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 11 Barulak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11906–11915. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4337
Section
Articles of Research

References

Glickman, C.D., Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M. 2007. Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition. Boston: Perason.

Koesoema, Doni, 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di. Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo

Samani, Muchlas, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya