Strategi Reformasi Birokrasi Pendidikan Dan Kebijakan Kemendikbud

Main Article Content

Murjani Murjani
Huges Huges

Abstract

Melihat begitu kompleksnya permasalahan reformasi birokrasi pendidikan dan kebijakan kemendikbud terhadap mutu pendidikan, penting untuk segera dilakukan reformasi birokrasi pendidikan secara sungguh-sungguh melalui: peningkatan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan kewenangan daerah untuk mengelola urusan pendidikan, dan memberikan kesempatan masing-masing satuan pendidikan untuk mengambil keputusan secara mandiri. Dengan cara ini, setidaknya kerancuan pandangan birokrat dimata publik dapat diminimalisir, kegiatan birokrasi pendidikan juga dapat berjalan secara efisien dan efektif. Strategi implementasi kebijakan dan peran birokrasi di bidang pendidikan dibutuhkan birokrasi pendidikan yang mampu beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan dan memahami kebutuhan masyarakat yang dilayani. Kinerja birokrasi melalui responbilitas harus terus ditingkatkan untuk menciptakan pelayanan prima terutama merespon kepentingan publik. Lembaga pendidikan membutuhkan penghargaan dan perlakuan humanis ketimbang dijadikan sasaran ekploitasi dan kepentingan politis etis semata yang menegasikan tujuan utama dari pendidikan itu sendiri

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Murjani, M., & Huges, H. (2022). Strategi Reformasi Birokrasi Pendidikan Dan Kebijakan Kemendikbud. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11954–11962. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4347
Section
Articles of Research

References

Azharighalib.wordpress.com/2008/07/28/Birokrasi-Pendidikan-Ditinjau-Dari-Perspektif-Ontologi.

Fatmawati, E. (2019). Kebijakan Pendidikan dalam Perspektf Peran Birokrasi dan Partisipasi Masyarakat. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(1), 58-76.

Lubis M & Scott J (1983). Mafia dan Korupsi Birokrasi, Jakarta::Yayasan Obor Indonesia.

Nawawi, Z (2013. Manajemen Pemerintahan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Nurkolis (2013). Potret Birokrasi Pendidikan Di Indonesia, JMP, Volume 2 No.1

Maria, D., et.al. (2018). Kesenjangan Birokrasi pendidikan Menuai Tanya Di Mata Publik. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 36-41.

Rifai, M. (2011). Politik Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sarmila, S., et..al. (2021). Peran Birokrasi Dalam Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan. JURNAL MAPPESONA, 4(1).

Savira, atl al (2014). Kajian Strategi Reformasi Birokrasi Sektor Pendidkan, Jakarta: Pusat Kajian Reformasi Administrasi Lembaga Administrasi Negara.

Slamet, P. H. (2014). Politik pendidikan Indonesia dalam abad ke-21. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).

Tilaar, (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan, Jakarta: Rineka CIpta.

Wirt & Kirst (1982). The Politic of Education: Schools in Conflict. Berkeley: McCutchan Publishing Corporation

Zamroni, (2007). Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi (Prakondisi Menuju Era Globalisasi), Jakarta: PSAP Muhammadiyah.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor.