Dampak Body Shaming di kalangan Remaja Putri SMP Negeri 26 Muaro Jambi

Authors

  • Retno Juwita Anugrah Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi , Indonesia
  • Akmal Sutja Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi , Indonesia
  • Affan Yusra Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4367

Keywords:

Dampak, Body Shaming, Kalangan Remaja Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai apa saja dampak-dampak dari body shaming yang dialami oleh siswi SMP Negeri 26 Muaro Jambi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Tempat penelitian adalah salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Muaro Jambi yaitu SMP N 26 Muaro Jambi. Sumber penelitian ini adalah siswa yang pernah mengalami body shaming di kalangan remaja putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada responden ditentukan sample penelitian.Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan data yang diperoleh terlihat bahwa angkat persentase rata-rata keseluruhan dari variabel penelitian pada angka persen 60 % dapat di kategorikan pada kualitas “Tinggi” dari jumlah presentasi 60-88 %  data yang diperoleh dari dampak body shaming.Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada sekolah dan khususnya guru BK untuk lebih perhatian terhadap korban body shaming yang terjadi di sekolah dan memberikan tindakan yang sesuai, baik kepada korban maupun pelaku body shaming serta saran kepada korban body shaming diharapkan mereka berani terbuka menceritakan mengenai perilaku body shaming yang terjadi pada dirinya, hal tersebut dapat menjadi tindak lanjut oleh pihak sekolah secara tepat untuk menciptakan lingkungan yang positif dan kondusif bebas dari body shaming.

References

Ali, dkk. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aminudin, K. 2019, Cyberbullying & Body Shaming. Yogyakarta: K- Media

Chairani, L. 2018, Body Shame dan Gangguan Makan Kajian Meta-Analisis. Buletin Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dharmawan, D. 2014, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Fajriana, T, L R. 2019, Memahami Pengalaman Body shaming Pada Remaja Perempuan, Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Lestari S. 2019 Bullying or Body shaming? Young Women in Patient Body Dysmorphic Disorder (Philanthrophy Journal of Psychology Vol 3 Nomor 1, departemen of psychology, universitas Briwijaya Malang.

Matos. 2013. Internalizing early memoriesof shame and lack of safeness and warmth: The mediating role of shame on depression. Behavioural and Cognitive Psychotherapy, 41(4), 479–493. https://doi.org/10.1017/S1352465812001099

Nurmala, I. dkk. 2020. Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental dan Sosial (Model Intervensi Health Educator For Youth). Surabaya: Airlangga University Press.

Octavia, S.A. 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogakarta: CV Budi Utama.

Psikologi, P. 2020. Yang Belum Usai: Kenapa Manusia Punya Luka Batin?. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Samosir, P, D, S, R. Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Pengungkapan Diri Pada Remaja Awal Kelas VII. Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro. 2015.

Serni, dkk. 2020. Dampak Body Shaming Siswa SMPN 17 Kendari Terhadap Perilaku Komunikasi. Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, Volume 5, hlm 132-140.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabert

Sutja, A. 2017. Panduan Penulisan Skripsi. Jambi: Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas jambi.

Sukarelawati. 2019. Komunikasi Intrapersonal Membentuk Sikap Remaja. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Downloads

Published

21-06-2022

How to Cite

Anugrah, R. J. ., Sutja, A., & Yusra, A. . (2022). Dampak Body Shaming di kalangan Remaja Putri SMP Negeri 26 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12066–12071. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4367

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check