Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran PKn Kelas IV SD 016540 Asahan Mati

Authors

  • Amiruddin Amiruddin Universitas Al-Muslim Bireun Aceh, Indonesia
  • Nurul Fadillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Muhammad Yasir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Siti Nurhalizah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Fani Tahria Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4374

Keywords:

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, PKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan antusias peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas IV di SD 016540 Asahan Mati, Jalan Besar Bagan Asahan Tanjung Balai. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 016540 Asahan Mati dengan jumlah siswa 32 (tiga puluh dua) siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dapat berupa pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berfokus pada pengembangan aspek kognitif dan psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas IV di SD 016540 Asahan Mati Jalan Besar Bagan Asahan Tanjung Balai. Meskipun pada siklus I siswa masih terlihat bingung dan masa penyesuaian. Namun pada siklus II, siswa telah lebih aktif di dalam kelas dibandingkan dengan siklus I dan sebelum diberlakukannya model pembelajaran berbasis masalah tersebut. Jadi kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat digunakan guru dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dalam mengatasi masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran, seperti rasa bosan peserta didik dan tidak adanya antusisas dari siswa dalam mengikuti pembelajaran.

References

Naila, L (2017). Pelaksanaan Pembelajaran PPKN Berbasis Masalah Pada Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kudus. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.Mirnawati (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sambi Rampas Pota Kabupaten Manggarai Timur. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sadia, I. Wayan. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, XXXXI (2) : 0215 – 8250.

Sudarman (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, [online], 2 (2), 6 halaman.

Wijaya Rini, Fahreza Febry, & Kistian Agus (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) UntukMengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokratis Siswa pada Pembelajaran PKN Kelas V Di SD Negeri Paya Peunaga. Jurnal Bina Gogik, 6(2), 49-60.

Downloads

Published

21-06-2022

How to Cite

Amiruddin, A., Fadillah, N. ., Yasir, M. ., Nurhalizah, S. ., & Tahria, F. . (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran PKn Kelas IV SD 016540 Asahan Mati. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12077–12084. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4374

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check