Identifikasi Penyebab Kecanduan Bermain Game Online pada Siswa SMA Negeri 10 Muaro Jambi

Authors

  • Indri Kurniawati Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi , Indonesia
  • Nelyahardi Nelyahardi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi , Indonesia
  • Fellicia Ayu Sekonda Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4413

Keywords:

Kecanduan, Game Online

Abstract

Game online merupakan salah satu produk teknologi yang dapat dijadikan sebagai hiburan. Game online merupakan game yang dimainkan oelh lebih dari satu pemain secara berkelompok melalui jaringan internet. Game online dapat dimaina oleh pemain lokal ataupun pemain dari luar negeri. Menurut Rahmat (2013:33) game online menyenangkan bagi pemainnya. Akan tetapi, jika sudah tahu cara memainkannya dapat membuat kecanduan bagi pemainnya disebabkan oleh fitur yang dimiliki oleh game online sangat menarik yang dilengkapi dengan gambar, animasi sehingga dapat membuat orang tertatik untuk memainkannya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 10 Muaro Jambi sebanyak 222 Siswa. tekhnik yang digunakan yakni purposive sampling, maka karakteristik yang menjadi sampel pada penelitian ini yakni siswa yang bermain game online, banyaknya siswa yang di indikasikan sebagai sampel diambil dari rekap buku hitam yang menjadi pegangan guru pembimbing di SMA N 10 Muaro Jambi yaitu sebanyak 80 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan maka, Hasil persentase pada indikator total persentase indicator kompulsif memperoleh sebesar 54,82% dengan kategori (Sedang), indicator withdrawal memperoleh sebesar 54,68% dengan kategori (Sedang), persentase indicator toleransi memperoleh sebesar 63,12% dengan kategori (Tinggi), persentase indicator Interpersonal andhealth-related problems memperoleh sebesar 47,15% dengan kategori (Sedang)

References

Andrew, Maurice. 2017. Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X terhadap Kecerdasa Sosial Sekolah Kristen Swasta di Makasar. Jurnal Jaffray.

Angel. 2013. Ejournal Ilmu Komunikasi, Volume 1 Nomor 2. Samarinda: CV Mulya Abadi.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian (suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswandi, Dana dan Lismayanti, Heppy. 2019. Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan Karakter Anak di Era Milenial. Statistika, Vol. 4 No. 1.

Aqila, Smart. 2010.Cara Cerdas Mengatasi anak Kecanduan Game Online. Jogjakarta: A Plus Books.

Ayu, Lestari. 2016. Interaksi Sosial dan Konsep Diri dengan Kecanduan Game Online pada Dewasa Awal. Persona, Vol. 5 No.02.

Chen, C. Y. & Chang, S. L. 2008. Eksplorasi Kecenderungan Terhadap Kecanduan Game online. Jakarta: CV Intan Pratama.

Detria. 2012. Efektivitas Teknik Manajemen Diri untuk Mengurangi Kecanduan Game Online. Universitas Pendidikan Indonesia.

Harsono, M. 2014. Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja. Surya University. Diam-bil dari http://kambing.ui.ac.id-/onnopurbo/ebook/ebook-SU20-13/SuryaUniv-Pengaruh-Berma-in-Game-terhadap-Perkembang-an-Remaja.pdf.

Nurul, Ismi.2020. Dampak Game Online terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, Volume 3 Nomor 1.

Pratiwi, Riyana, Rika. 2018. dengan judul Siswa yang Kecanduan Game Online dan Perilaku Agresif di SMP Negeri 14 Pekanbaru. HOM FKIP, Vol. 5 Edisi 1.

Putri, Wardatul W. 2019. Skripsi. Hubungan antara Kecanduan Game Online Smartphone dengan Perilaku Agresif pada Siswa. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Rahmandani, Fadian. 2018. Analisis Penggunaan Gadget (Smartphone) terhadap Kepribadian dan Karakter (Kekar) Peserta Didik di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, Vol. 3 No. 1

Rahmat, Sanjaya. 2013. Perilaku Pecandu Game. Jakarta : Intan Persada Pers.

Soetjipto, Perilaku Adiksi Game online, (Semarang : CV Permata Buku, 2007), hal.3.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutja, Akmal; dkk. 2017. Penulisan Skripsi untuk Produi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Sutopo. 2002. Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Mart Press.

Winkel, Hastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Yee, N. 2014. Motivations of Play in Online Games Cyberpschology and Behavior. Surabaya: Intan Pratama.

Downloads

Published

23-06-2022

How to Cite

Kurniawati, I. ., Nelyahardi, N., & Sekonda, F. A. . (2022). Identifikasi Penyebab Kecanduan Bermain Game Online pada Siswa SMA Negeri 10 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12266–12272. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4413

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.