PENGARUH KEPEMIMPINAN, IKLIM, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN GRAND PALACE HOTEL KOTA MAKASSAR

Authors

  • Mahmud Mahmud Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Dompu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.444

Keywords:

kepemimpinan, iklim, komitmen organisasi dan kinerja karyawan

Abstract

Hotel sebagai salah satu usaha yang bergerak di bidang jasa memiliki keharusan untuk menjamin kepemimpinan yang berkualitas, iklim dan komitmen yang berkualitas secara langsung maupun tidak langsung berdampak kepada konsumen. Hotel grand palace kota makassar selalu berusaha memberikan situasi yang kondusif. Penelitian ini menganalisis pengaruh kepemimpinan, iklim dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Obyek penelitian ini adalah hotel grand palace kota makassar. Penelitian ini merujuk pada kepemimpinan, iklim, komitmen organisasi yang ditunjukkan pada persepsi respondent berdasarkan jenis kelamin, umur, masa kerja dan pendidikan terakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Penelitian ini mempergunakan 95 responden dan keseluruhan responden adalah karyawan dari hotel grand palace kota makassar. Analisis data mempergunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan diantaranya bahwa kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Iklim berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dan variabel yang paling dominan adalah variabel kepemimpinan.

References

BPKP, 2000, Pengukuran Kinerja, Suatu Tinjauan pada Instansi Pemerintah, Tim Study Pengembangan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Jakarta.
Dessler, Gary. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1 Edisi Kesembilan. Jakarta : PT. Indeks.
Edvardsson, B., Larsson, G. dan Setterlind, S. 1997. Internal service quality and the psychosocial work environment : an empirical analysis of conceptual interrelatedness. The service industries journal, Vol. 17, No. 2, pp 252-263
Giltner 1997 (dalam miner 1988).
Hella, M.A. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kualitas Pelayanan Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Bali. Thesis. Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.
Henry minhberg 1993 dalam alimudin 2002
John, M.C. dan Taylor, J.W. 1999. Leadership Style, School Climate, and the Institutional Commitment of Teachers. International Forum, Vol.2, No. 1, pp. 25-57.
Mathis, R.L dan Jackson. 2011. Human Resource Management. Jakarta : Salemba Empat.
McNeese- Smith, Dona, 1996, “Increasing Employee Productivity, Job Satisfaction, and Organizational Commitment”, Hospital and Health Services Administration, Vol.41, No.2, pp.160-175
Meyer, P. John dan Allen, J. Natalie. 1991. A Three Component Conceptualization of Organizational Commitment. Human Resources Management Review, Vol. 1, No. 1, pp. 61-89.
Robbins, S dan Judge, T.A. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.
Siagian, S.P., 1999, Tehnik Menumbuhkan dan Memelihara Perilaku Organisasional, Haji Mas Agung , Jakarta.
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Downloads

Published

30-01-2020

How to Cite

Mahmud, M. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN, IKLIM, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN GRAND PALACE HOTEL KOTA MAKASSAR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 200–208. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.444

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check